Mother&Baby Indonesia
Tips Membuka Usaha Sendiri

Tips Membuka Usaha Sendiri

Anda ingin membuka usaha, namun masih ragu melakukannya karena tidak tahu harus mulai dari mana? Simak tips berikut ini untuk membantu Anda.

 

Harus Realistis
Jalanilah usaha yang Anda sukai. Jika Anda suka memasak, lakukan bisnis katering atau kalau suka mendesain pakaian, bukalah butik. Lalu, pelajari contoh sukses dari pelaku bisnis tersebut. Anda harus realistis dalam menjalani bisnis dan menyadari bahwa perlu waktu untuk mencapai kesuksesan.



 

Maksimalkan Diri Sendiri
Bisnis hanya akan berhasil bagi orang-orang yang mau bekerja keras. Di awal menjalani bisnis, Anda mungkin tidak mampu membayar karyawan, sehingga harus melakukan segalanya sendiri. Jangan mengeluh! Kerja keras akan mengantarkan Anda pada kesuksesan.

 

Efisiensi Waktu
Berikan nilai uang pada waktu Anda, misalnya 30 ribu rupiah per jam. Hal ini akan memudahkan Anda jika harus mengambil keputusan. Misalnya untuk mengirim barang melalui jasa pengiriman, Anda harus membayar 20 ribu rupiah. Sementara, jika mengirim sendiri memakan waktu 2 jam untuk sampai ke tempat tujuan. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan jasa pengiriman.



 

Hitung Biaya Dasar
Untuk melancarkan usaha Anda, hitung berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk memenuhi biaya dasar, seperti sewa toko, bayar listrik, dan lainnya. Kemudian, hitung berapa banyak biaya dasar yang dibutuhkan per bulan. Jumlah itulah yang menjadi minimum pendapatan Anda setiap bulannya. 

 

Lakukan yang Terbaik
Untuk menjalani usaha, Anda tidak boleh melakukannya setengah-setengah. Anda harus melakukan segala yang terbaik, baik dalam hal promosi hingga melayani pelanggan Anda. Pelanggan pun dapat membantu proses promosi (dari mulut ke mulut) jika Anda memiliki hubungan baik dengannya. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)



Tags: usaha,   enterpreneur,   womenpreneur,   wirausaha,   bisnis










Cover Mei-Juni-Juli 2020