Mother&Baby Indonesia
7 Makanan Peningkat Energi

7 Makanan Peningkat Energi

Rutinitas yang dilakukan sehari-hari memang menguras banyak energi kita. Maka, seseorang tentu perlu asupan bernutrisi tertentu yang dapat membantu memulihkan kembali energinya. Lee Holmes, Coach Kesehatan bersertifikasi dari Institute of Integrative Nutrition sekaligus penulis Healthista.com mengatakan, ada makanan tertentu yang baik untuk meningkatkan tingkat energi Anda, bahkan hingga sore hari.

 

“Dalam menentukan pola makanan berenergi, perbanyak konsumsi produk segar dan coba meminimalkan gluten dari diet Anda. Lebih peka terhadap apa yang diperlukan tubuh Anda, sehingga Anda bisa memutuskan apa yang terbaik bagi tubuh Anda,” ungkap Lee.



 

Lee juga merekomendasikan beberapa makanan berikut untuk menjadi santapan harian sebagai amunisi energi Anda.

 

1. Kacang

Kacang dapat menghasilkan energi yang tinggi. Dikutip dari Daily Mail, kacang juga dapat meningkatkan nilai gizi pada tubuh.

 

2. Ikan Salmon

Salmon dikemas dengan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menurunkan kolesterol, serta berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, salmon juga kaya akan protein, vitamin B6, niasin dan riboflavin. Kandungan-kandungan tersebut membantu mengubah makanan menjadi energi.

 

3. Jamur

Satu mangkuk jamur memenuhi hampir 50 persen dari porsi zat besi harian Anda, yang sangat penting dalam mengangkut oksigen dalam aliran darah. Tanpa pasokan oksigen yang baik ke semua organ, seseorang akan sering merasa lelah dan lesu. Hal tersebutlah yang membuat energi berkurang. Selain meningkatkan zat besi dalam tubuh Anda, konsumsi jamur juga meningkatkan sel-sel dalam darah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh kita agar lebih optimal, serta sebagai bahan bakar agar organ kita berfungsi secara efektif.



 

4. Bayam

Bayam sangat tinggi zat besi, magnesium, dan kalium. Magnesium memainkan peran penting dalam memproduksi energi, dan kalium memungkinkan kinerja pencernaan yang efektif, serta pengaturan fungsi saraf dan otot. Tambahkan konsumsi bayam segar dalam olahan salad atau sayur.

 

5. Ubi Jalar

Sumber karbohidrat ubi jalar, juga mengandung zat besi, kalium, magnesium, vitamin C dan vitamin D, yang semuanya membantu meningkatkan energi dan menghindarkan Anda dari rasa lelah. Ubi jalar bisa Anda nikmati dengan berbagai cara, seperti dikukus, dipanggang, atau olahan salad.

 

6. Air Putih

Air merupakan dapat zat paling penting untuk manusia setiap harinya. Air diperlukan untuk membantu membawa nutrisi dan oksigen ke sel-sel. Jika asupan air seseorang rendah, dapat menyebabkan kelelahan dan mual. Rata-rata wanita dewasa direkomendasikan minum sekitar 8 gelas air per hari, dan pria dewasa sekitar 10 gelas per hari. Salah satu cara untuk mencukupi air dalam diet Anda adalah minum segelas air setiap sebelum makan.

 

7. Telur

Telur adalah sumber protein tertinggi, dengan 30 persen dari kebutuhan harian Anda. Bagi binaragawan, telur membantu membentuk dan memulihkan otot setelah olahraga, sehingga tubuh Anda terasa lebih bugar dan prima. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)
 



Tags: nutrisi,   energi,   kesehatan,   ibu,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020