Mother&Baby Indonesia
Waspadai Warna Urine Anda!

Waspadai Warna Urine Anda!

Kebanyakan orang tidak memerhatikan warna urinenya saat sedang buang air kecil. Jika Anda salah satunya, mulai biasakan untuk mengamati apa warna urine Anda hari ini. Sebab, Dr Chris Steele dalam acara ITV’s This Morning, menjelaskan warna urine dapat menjadi tanda kondisi kesehatan tubuh kita. “Anda  dapat memerhatikan warna urine yang sedang mengalir keluar dari tubuh kita. Selain itu, ingatlah apa saja makanan, minuman, dan obat-obatan yang Anda konsumsi karena akan berpengaruh pada warna urine Anda,” ujarnya.

 

Sebagai contoh, setelah makan asparagus atau makanan lainnya yang memiliki warna, urine Anda dapat berubah warna menjadi biru atau hijau. Sementara jika urine Anda berbuih dan berbusa, itu dapat menandakan Anda terlalu banyak mengonsumsi protein atau sedang mengalami infeksi. Jadi, kurangi asupan protein Anda. Apabila urine Anda tidak berwarna, Dr Steele mengatakan Anda terhidrasi dengan baik. Kendati demikian, bisa jadi Anda sedang mengonsumsi obat-obatan yang membuat Anda sering buang air kecil sehingga warna urine Anda menjadi bening. Dr Steele menambahkan, “Ada tipe minuman yang membuat Anda menjadi mudah buang air kecil, yaitu kopi dan alkohol, sehingga urine Anda pun akan berwarna bening.”



 

Dilansir melalui Daily Mail, urine berwarna kuning pekat mengisyaratkan Anda sangat dehidrasi. “Di pagi hari Anda akan menyadari kalau urine Anda warnanya lebih pekat dibandingkan dengan di sore hari. Ini dikarenakan saat malam Anda hanya berbaring dan tidak melakukan apa-apa. Maka, ginjal lebih konsentrasi bekerja pada efek racun di dalam tubuh. Namun, warna kuning pekat dapat menjadi tanda terdapat masalah pada hati, yang menyebabkan kulit, mata, maupun urine berubah warna menjadi kuning,” tutur Dr Steele.



 

Yang terpenting, Anda harus waspada apabila warna urine Anda pink atau merah terang. Sebab, selain karena memakan makanan seperti blackberry dan anggur berwarna ungu, urine berwarna merah mampu menandakan masalah infeksi serius di area ginjal, kandung kemih, hingga saluran kencing, tumor, ataupun batu ginjal. Dan bila urine Anda berwarna merah tua, berarti Anda menderita dehidrasi akut. (Sagar/DT/Dok. M&B)

 



Tags: urin,   tumor,   ginjal,   hidrasi,   dehidrasi