Mother&Baby Indonesia
Tips Kendalikan Konflik

Tips Kendalikan Konflik

Konflik adalah bagian dari kehidupan. Konflik juga bisa terjadi pada siapa pun, orangtua, anak, sahabat, kerabat, maupun pasangan. Bila itu terjadi pada Anda dan pasangan, ada strategi yang harus Anda lakukan.

 

Menurut seorang psikolog asal New York, Susan Silverman, tugas manusia bukanlah menghindari konflik, melainkan mengatasinya dengan beberapa trik seperti berikut.



 

1. Saat mengalami konflik dengan pasangan, sadarilah bahwa tugas Anda bukan menyalahkan. Mengatasi konflik tergantung dari bagaimana Anda bersikap dan bereaksi terhadap kondisi ini.

2. Jujurlah dengan diri sendiri. Ketika Anda sedang berargumen dengan pasangan, sebaiknya beri komentar yang mengarah pada penyelesaian konflik.



3. Hindari komentar menyalahkan dan menyakitkan. Jika emosi Anda sudah mulai memuncak, ambil napas dalam-dalam.

4. Saat berargumen, hindari memotong pembicaraan pasangan saat ia sedang menjelaskan sesuatu, agar ia merasa lebih dihargai.

5. Jangan sungkan dan gengsi untuk meminta maaf jika Anda salah. Mengakui kesalahan memang tidak mudah, tetapi hal ini akan memperbaiki hubungan Anda berdua.

6. Ingat! Anda tidak bisa mengontrol perilaku orang lain. Yang bisa meredam emosi Anda adalah diri Anda sendiri. Kendalikan emosi jangan sampai meledak-ledak. Saat konflik sudah memuncak, harus ada yang mengalah. Mengalah bukan berarti kalah kan, Moms? (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: konflik,   suami,   istri,   relationship,   tips,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020