Mother&Baby Indonesia
Vitamin A Bagi Tubuh

Vitamin A Bagi Tubuh

Vitamin A merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan memainkan peranan penting dalam pertumbuhan tulang, reproduksi, fungsi kekebalan tubuh, sintesis hormon dan regulasinya, serta penglihatan. Mata Anda membutuhkan vitamin A untuk membantu mereka mengubah cahaya menjadi sinyal bagi otak yang memungkinkan Anda untuk melihat gambar. Vitamin A juga berfungsi untuk melindungi Anda terhadap infeksi dengan membantu membuat sel-sel darah putih yang sehat dan menyehatkan kulit. Vitamin A turut berperan penting dalam pembelahan sel hingga berkembang menjadi sel khusus, seperti sel-sel darah, sel-sel paru-paru, sel-sel otak dan jaringan yang lainnya.

 



Sumber vitamin A dari hewan atau tumbuhan dan sumber-sumber ini diperlakukan berbeda oleh tubuh. Vitamin A dari makanan hewani, suplemen dan makanan yang diperkaya oleh vitamin A disebut "preformed vitamin A," atau retinol. Vitamin A dari sumber tanaman berbentuk karotenoid, terutama beta karoten. Preformed vitamin A (retinol) ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti hati, telur, susu dan sereal yang diperkaya dengan vitamin A, serta ikan. Sayuran berdaun hijau dan oranye serta buah-buahan menyediakan vitamin A dalam bentuk karotenoid.

 



Bila Kekurangan Vitamin A
Salah satu tanda-tanda kekurangan vitamin A adalah rabun senja atau ketidakmampuan untuk melihat dalam cahaya redup. Terjadi sangat umum di negara-negara berkembang. Efek lain dari kekurangan vitamin A ialah penurunan fungsi kekebalan tubuh, kulit kering bersisik, masalah dengan reproduksi, dan penghentian pertumbuhan tulang.

 

Bila Kelebihan Vitamin A

Kelebihan beta karoten dari makanan belum terbukti beracun pada manusia, tetapi dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan seperti kulit menjadi kuning (atau oranye). Untungnya itu tidak berbahaya dan hanya bersifat sementara. Namun dosis tinggi dari makanan hewani atau suplemen dapat menyebabkan keracunan kronis. Tanda-tanda keracunan vitamin A jangka pendek termasuk mual, muntah, sakit kepala, pusing dan penglihatan kabur. Toksisitas kronik (karena menelan dosis besar selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun) sering ditandai dengan kulit kering disertai gatal, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, cacat lahir, kelainan hati, gangguan sistem saraf pusat, dan tulang dan nyeri sendi. Mendapatkan terlalu banyak preformed vitamin A juga dapat menyebabkan kepadatan mineral tulang berkurang, yang dapat menyebabkan osteoporosis. (Tammy/DT/Dok. Freedigital photos)



Tags: vitamin_a