Mother&Baby Indonesia
Ingin Terlihat Sehat, Ibu Penderita Kanker Tolak Kemoterapi

Ingin Terlihat Sehat, Ibu Penderita Kanker Tolak Kemoterapi

Penyakit kanker memang menjadi momok yang manakutkan bagi banyak orang. Selain mematikan, penyakit ini juga ditakuti karena memiliki proses pengobatan yang menyakitkan dan menguras biaya yang cukup mahal, seperti kemoterapi. Karena hal itu, banyak pasien yang seringkali menolak untuk menjalani pengobatan ini, dan memilih cara alternatif.

 

Hal tersebut juga dilakukan oleh seorang ibu dua anak di Inggris yang menolak pengobatan kanker dan berusaha untuk menyembuhkan dirinya sendiri dengan obat-obatan herbal. Ia juga menjalani diet makanan mentah sebagai gantinya.



 

Kelly Logan, ibu yang berasal dari Dagenham itu didiagnosis menderita kanker payudara lima bulan lalu, setelah menemukan benjolan di dadanya. Ibu berusia 34 tahun itu sempat merasa terpukul saat dokter mengatakan bahwa ia membutuhkan operasi darurat secepatnya, termasuk kemoterapi dan radioterapi untuk bertahan hidup.

 

(BACA JUGA: Deteksi Dini Kanker Payudara)

 

Para dokter sempat menentang keputusan ibu ini untuk menolak semua perawatan medis, dan memilih mangonsumsi sayuran mentah serta suplemen vitamin untuk memperpanjang hidupnya. "Saya tidak ingin kehilangan payudara saya dan bergantung pada kemoterapi. Para dokter dan keluarga  memang sempat menghubungi dan memperingatkan saya, karena menolak semua perawatan yang diberikan. Namun, saya tidak mau menjadi lemah dan lelah sepanjang waktu karena kemoterapi di depan anak-anak saya, Logan yang berusia 14 tahun, dan Blaze berusia 4 tahun,” ungkap Kelly, dilansir dari Daily Mail.

 



Ia juga mengatakan, pola diet baru dan olahraga yang ia jalani saat ini terbukti membuatnya merasa lebih sehat dari sebelumnya. Kelly percaya bahwa kemoterapi akan merusak kualitas hidupnya, dan terapi alternatif akan memungkinkan ia untuk hidup lebih lama.

 

"Salah satu teman saya menderita kanker, tetapi pada akhirnya ia  meninggal walaupun sudah menjalani kemoterapi. Selain itu, sistem kekebalan tubuhnya juga menjadi sangat rendah. Saya juga takut kehilangan rambut saya, dan saya tidak ingin terlihat seperti penderita kanker. Saya memutuskan untuk mencoba pengobatan alternatif secara online yang dapat membantu saya untuk bertahan. Saya juga tidak lagi makan daging atau ikan. Saya hidup dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran mentah dan jus buah. Saya merasa ini lebih baik," tambahnya.

 

Namun, para ahli tetap memperingatkan tidak ada bukti bahwa terapi alternatif dapat menyembuhkan kanker, menghentikan penyebaran, atau memperlambat pertumbuhan tumor. Sue Green, perawat senior di Macmillan Cancer Support, mengatakan bahwa menggunakan obat herbal tidak bisa menggantikan pengobatan kanker konvensional. "Tidak ada terapi alternatif yang pernah terbukti menyembuhkan kanker atau memperlambat pertumbuhan sel kanker. Kami petugas medis  di sini tidak menganjurkan penggunaannya. Bagi siapa pun yang berniat, atau saat ini menjalani terapi alternatif, penting untuk segera memberitahu dokter Anda,”.

 

Meskipun sempat banyak yang menentang, Kelly tetap pada pendiriannya. Sambil menjalani dietnya, ia terus memantau pertumbuhan tumor di payudaranya. Ia bahkan membuat blog untuk mendokumentasikan usahanya menjalani pengobatan alternatif dalam upaya memerangi kanker. (Aulia/DT/dok.Daily Mail)



Tags: ibu,   kanker,   payudara,   kemoterapi,   kesehatan,  










Cover Mei-Juni-Juli 2020