Mother&Baby Indonesia
Menjawab Pertanyaan Anak Seputar Seks

Menjawab Pertanyaan Anak Seputar Seks

Si Balita yang serba ingin tahu mulai mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar seks yang membingungkan Anda. Bagaimana menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut? Berikut tips menjawabnya dari Aurora L. Toruan, psikolog dari Keara Konsultan Psikologi di Cawang, Jakarta

 

Bagaimana bayi bisa masuk ke dalam perut Mama?
Anda bisa menjawab, “Mama dan Papa yang saling mengasihi, bersentuhan dengan cara yang spesial hingga akhirnya terciptalah bayi di dalam perut.” Jika ia tampak tak puas dengan jawaban ini, dan bertanya “Bersentuhan seperti apa?”, jawablah, “Salah satu fungsi alat kelamin adalah untuk memiliki keturunan dan anak. Jadi, alat kelamin Papa dan Mama bertemu.” Lihatlah respons Si Kecil untuk memberi penjelasan lebih lanjut. Ada beberapa anak yang merasa cukup puas dengan penjelasan sederhana seperti jawaban pertama. Namun, ada juga anak yang belum puas hingga terus bertanya. Jika Si Kecil memberikan respons aneh seperti menunjukkan sikap jijik, itu artinya penjelasan Anda sudah cukup.



 

Bagaimana bayi lahir?
Untuk beberapa anak, jawaban, “Dokter dan suster membantu agar bayi bisa dilahirkan,” sudah cukup. Namun, bagi anak lainnya, penjelasan seperti, “Mama akan mendorong agar bayi bisa keluar dari vagina,” baru bisa memuaskannya.

 



Mengapa tak semua orang punya penis?
Cobalah penjelasan sederhana, seperti, “Laki-laki dan perempuan memiliki bentuk dan organ tubuh yang berbeda.”

 

Mengapa orang dewasa memiliki 'rambut' di alat kelaminnya?
Sederhanakan jawaban Anda dengan berkata, “Seiring seseorang bertambah besar dan dewasa, beberapa organnya juga akan mengalami perubahan.”

(OCH/Dok. M&B UK)



Tags: seks_anak,   pertanyaan_anak_seputar_seks










Cover April 2020