Mother&Baby Indonesia
Kebingungan Si Kecil Saat Perpisahan Terjadi

Kebingungan Si Kecil Saat Perpisahan Terjadi

Perpisahan memang menyakitkan. Namun, kesedihan itu tidak hanya dirasakan oleh pasangan suami-istri, melainkan juga bagi Sang Anak, terutama jika ia masih balita. Ia yang masih amat kecil akan sangat bingung melihat perubahan hubungan kedua orangtuanya.

 

Walaupun Si Kecil belum paham kalau kedua orangtuanya tidak akan tinggal bersama lagi, ia pasti akan merasakan dampak dari renggangnya hubungan Anda dan suami. Di usia 2 tahun, balita sangat bergantung pada rutinitas dan tidak menyukai ada perubahan dalam kesehariannya. Ia pun sangat sensitif terhadap kehadiran orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu, bersiaplah jika ia mulai bertanya di mana ayahnya dan mengapa bukan ayah yang membacakan cerita untuknya sebelum tidur.



 



Dilansir melalui Babble, ketika Anda sedang dalam fase pemikirkan apakah Anda akan melanjutkan hubungan rumah tangga Anda dengan suami, sebaiknya tahan dulu untuk memberitahu kebenarannya kepada Si Kecil. Sebab, anak-anak hanya mengerti situasi masa kini dan belum mampu berpikir mengenai konsep masa depan. Jadi, bila proses perceraian sudah mulai berjalan, Anda baru memberitahu kepadanya. Jelaskan kepadanya secara singkat namun jelas lalu apa saja perubahan yang akan terjadi di kemudian hari, misalnya suami tidak akan tinggal bersama lagi dan baru bisa bertemu dengannya di akhir minggu. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: balita,   anak,   perpisahan,   perceraian










Cover April 2020