Mother&Baby Indonesia
Mengasah Kemampuan Bicara (2): Lakukan dengan Permainan

Mengasah Kemampuan Bicara (2): Lakukan dengan Permainan

Menstimulasi kemampuan bicara Si Kecil bisa dilakukan dengan berbagai permainan. Berikut beberapa di antaranya, selamat mencoba, Moms. 

 

Tebak Benda
Dirikan sebuah tenda menggunakan 2 kursi dan selimut sebagai atapnya. Ajak Si Kecil sembunyi di dalamnya dan lakukan permainan 'tebak benda'. Arahkan ia untuk memperhatikan seluruh benda yang ada di depan tenda, tunjuk satu-persatu, dan sebutkan apa saja namanya. Setelah itu, minta Si Kecil untuk menebak nama-nama benda yang Anda tunjuk dan ulangi beberapa kali. Jika ia berhasil menebak setengah dari nama benda tersebut dengan benar, berikan hadiah kecil untuknya.



 

Menjadi Narator
Ambil sebuah buku cerita bergambar dan ajaklah Si Kecil untuk menjadi narator dari kisah yang terjadi dalam buku tersebut. Anda bisa memulainya terlebih dahulu, lalu minta Si Kecil untuk meneruskan ceritanya. Jika ia mengalami kesulitan, Anda dapat memancingnya dengan memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gambar di dalam buku. Selain mengasah kemampuan bicara, kegiatan ini juga akan mengasah imajinasinya.

 

Berpetualang Bersama
Mengajak Si Kecil berpetualang juga merupakan cara mudah untuk menstimulasi kemampuan bicaranya. Tidak perlu berpetualang ke tempat yang jauh, cukup ajak ia berkeliling di sekitar rumah Anda. Mintalah Si Kecil untuk menceritakan tentang apapun yang dilihat atau ditemuinya. Biarkan ia berceloteh tentang keadaan di sekelilingnya sepuasnya dan tahan diri Anda untuk mengajukan pertanyaan atau menyela pembicaraannya.



 

Siapakah Ini?
Untuk melakukan permainan ini, Anda membutuhkan 2 buah ponsel mainan atau walkie talkie. Berikan 1 kepada Si Kecil dan 1 untuk Anda. Setelah itu, arahkan Si Kecil duduk di sofa ruang keluarga, sementara Anda duduk di kursi belakangnya atau tempat lain tidak terlihat olehnya. Kemudian, Anda bisa mulai menelepon Si Kecil dan minta ia untuk menjelaskan siapa dirinya, baju apa yang dipakainya, menu makan siangnya, dan sebagainya.

 

Sang Mata-Mata
Anda bisa melakukan permainan ini saat melakukan perjalanan dan berkunjung ke rumah sanak saudara bersama Si Kecil. Selama melakukan kegiatan tersebut, minta Si Kecil memperhatikan apapun yang dilihatnya. Sesampainya di rumah, ajak ia membuat scrapbook hasil kerjanya sebagai mata-mata. Tanyakan apa saja yang ia lihat selama perjalanan, misalnya pohon atau mobil. Anda bisa menggunting gambar itu dari majalah dan menempelnya dalam scrapbook. Anda juga dapat menunjukkan foto-foto sanak saudara yang ditemui dan minta Si Kecil menunjukkan siapa saja yang diingatnya. Hias scrapbook semenarik mungkin untuk membuatnya bangga menjadi mata-mata. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)

 



Tags: kemampuan_bicara,   anak,   bermain,   stimulasi










Cover Mei-Juni-Juli 2020