Mother&Baby Indonesia
Mengasah Kemampuan Bicara (1): Harus Jelas & Tepat

Mengasah Kemampuan Bicara (1): Harus Jelas & Tepat

Mendengar Si Kecil berceloteh tentu membuat Anda bahagia, apalagi jika ia dapat mengucapkan setiap kata dengan jelas. Lakukan ini untuk membantu mengasah kemampuan bicaranya.

 

Stop Bahasa Bayi



Apakah Anda sering menggunakan bahasa bayi atau sengaja berbicara dengan gaya cadel ketika berkomunikasi dengan Si Kecil? Jika ya, segera hentikan kebiasaan tersebut. Saat belajar bicara, penting bagi Si Kecil untuk mendengarkan orang-orang di sekitarnya berkomunikasi menggunakan bahasa yang baik dan benar. Ia pun akan terbiasa mengucapkan setiap kata yang dipelajarinya dengan jelas dan tepat.

 

3 Kunci Utama

Ada 3 hal yang harus diterapkan untuk menstimulasi kemampuan bicara Si Kecil, yakni bicara perlahan, setarakan diri Anda dengannya, dan lakukan pengulangan. Jadi saat Anda mengajarkan Si Kecil bicara, berlututlah agar Anda setara dengannya dan ucapkanlah beberapa kata secara perlahan. Tatap matanya, minta ia menirukan kata-kata yang Anda ucapkan, dan ulangi beberapa kali. 

 

Dengar dan Rasakan



Mendengarkan setiap kata yang diucapkan Si Kecil dengan seksama sangat penting baginya. Hal itu menandakan kalau Anda menghargai apapun yang ia katakan, sehingga rasa percaya dirinya dalam berkomunikasi pun meningkat. Selanjutnya, ia tidak akan ragu atau takut untuk berbicara dengan orang lain dan mengekspresikan perasaannya.

 

Bernyanyi Bersama

Belajar lewat lagu merupakan cara paling mudah untuk menambah kosakata Si Kecil. Coba ajarkan ia beberapa lagu anak-anak yang liriknya sederhana dan berirama ceria. Anda pasti akan terkejut mendengar betapa hebatnya kemampuan Si Kecil dalam menghafal sebuah lagu dan menyanyikannya dengan nada yang tepat.

 

Kunjungi Perpustakaan

Membaca adalah cara tepat untuk menstimulasi kemampuan bicara Si Kecil dan perpustakaan merupakan gudang dari segala buku cerita yang dibutuhkannya. Buatlah jadwal rutin untuk mengunjungi perpustakaan bersama Si Kecil. Di sana, Anda bisa memintanya untuk memilih buku cerita yang disukai dan membacanya bersama. Sesekali, Anda juga bisa memintanya untuk membacakan cerita dari buku yang Anda pilih. Lihatlah betapa antusias dan bangganya ia saat ‘membacakan’ cerita untuk Anda. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)
 



Tags: belajar_bicara,   anak,   stimulasi










Cover April 2020