Mother&Baby Indonesia
Tolong! Si Kecil Tidak Bisa Berpisah Dari Pengasuh!

Tolong! Si Kecil Tidak Bisa Berpisah Dari Pengasuh!

Bagi orangtua yang bekerja, mau tidak mau harus merelakan Si Kecil bersama pengasuhnya hampir seharian penuh. Karenanya, tidak jarang Si Kecil pun menjadi sangat akrab dengan pengasuhnya dan langsung rewel sampai mogok makan ketika Sang Pengasuh pulang kampung.

 

Menurut psikolog anak, Indri Savitri, kasus ini marak terjadi karena ada perlekatan emosi atau bonding yang terlalu dalam antara anak dan pengasuh. Pengasuh bisa memenuhi kebutuhan anak untuk mendapatkan kasih sayang, kehangatan, dan rasa aman.



 

Ada beberapa tahap kerewelan yang perlu diperhatikan oleh orangtua. Jika hanya rewel biasa kemudian bisa dekat dengan orangtua kembali, itu hanyalah bagian dari penyesuaian diri. Bisa juga anak menjadi lebih manja dan mencari perhatian, karena ia sedang menghadapi rasa kehilangannya. Namun, apabila  ana sampai tidak mau makan atau menangis sepanjang malam, orangtua patut wasapada.

 

“Jika itu sudah terjadi, orangtua sudah lupa memberikan ruang untuk anaknya sendiri sehingga hubungan dengan pengasuh lebih kuat. Dalam hal ini, orangtua harus segera membangun hubungan kepercayaan kembali dengan anaknya,” ujar Indri.



 

Membangun bonding yang kuat memang menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Kendati demikian, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti memberikan sentuhan hangat dan respons yang tepat pada Si Kecil, serta berusaha lebih mengenal karakter Si Kecil. (SA/Sagar/DT/Dok. M&B)

 

Simak dos and don'ts bila Si Kecil terlalu dekat dengan pengasuhnya di majalah Mother&Baby edisi Maret 2015!   



Tags: balita,   anak,   pengasuh










Cover April 2020