Mother&Baby Indonesia
Berat Badan & Lingkar Kepala Tentukan IQ Bayi

Berat Badan & Lingkar Kepala Tentukan IQ Bayi

Para peneliti dari University of Adeleide, Australia, menyatakan bayi yang mengalami kenaikan berat badan dan penambahan lingkar kepala secara signifikan pada 1 bulan pertama kehidupannya memiliki IQ lebih tinggi ketika memasuki usia sekolah. Penelitian ini telah dilakukan terhadap 13.800 anak yang perkembangannya dipantau secara ketat dari sejak lahir hingga usia 6 tahun.

 

Peneliti menemukan bahwa anak yang di usia 1 bulan mengalami kenaikan berat 40 persen dari berat lahirnya, memiliki IQ 1,5 kali lebih tinggi dibanding anak yang hanya naik 15 persen. Kenaikan berat badan itu juga memengaruhi perkembangan lingkar kepala mereka.



 



“Anak yang penambahan berat badannya lebih tinggi, tentunya memiliki lingkar kepala yang lebih besar. Hal itu pun menjadi indikator besarnya volume otak dan mengindikasikan bahwa otaknya berkembang lebih cepat. Itulah mengapa, bayi baru lahir yang pertumbuhannya cepat memiliki IQ lebih tinggi dan pemberian ASI yang baik tentu menjadi faktor keberhasilan utama di sini,” ungkap Dr. Lisa Smithers, ketua penelitian tersebut. (Dina Christin/Dok. M&B UK)



Tags: lingkar_kepala_bayi,   berat_badan_bayi,   iq_bayi