Mother&Baby Indonesia
Manfaat Menggendong Bayi

Manfaat Menggendong Bayi

Ketika bayi dilahirkan, ia akan menemui banyak perubahan. Suara yang bising, cahaya yang terang, serta suhu udara yang berubah-ubah membuat ia mungkin merasa rindu dengan suasana yang hening dan ritme detak jantungnya saat masih berada di dalam kandungan Anda.

 

Banyak ibu yang percaya salah satu cara agar Si Kecil merasa nyaman dengan lingkungan barunya adalah dengan menggendongnya menggunakan kain gendongan. Dan beberapa studi menyebutkan menggendong bayi dapat mengatur suhu tubuh, detak jantung, dan pernapasannya, serta membangun bonding.



 

Menurut Rachel Fuller, Presiden Australian Breastfeeding Association (ABA), kain gendongan merupakan salah satu alat yang membantu pemberian ASI. “Dengan mendekatkan ibu dan bayi kan membantu memudahkan pemberian ASI, sebab ibu bisa langsung melihat tanda saat bayi ingin menyusu dan segera merespons kebutuhannya,” ujar Rachel.



 

Dilansir melalui M&B AU, Anita Lincolne-Lomax dari Babes in Arms, menyebutkan bayi akan merasa aman dan nyaman saat digendong sekaligus menurunkan hormon stres. “Manfaat lainnya adalah bayi jadi jarang menangis, tidur lebih cepat, dan mengurangi risiko kolik dan refluks,” ungkapnya. (Sagar/Dok. M&B AU)



Tags: bayi,   menggendong








Cover Maret 2020