Mother&Baby Indonesia
Teori Baru Tumbuh-kembang Bayi

Teori Baru Tumbuh-kembang Bayi

Bayi lebih pintar dari apa yang Anda bayangkan. Dan berkat perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, ada banyak penelitian-penelitian terbaru seputar cara berpikir Si Kecil yang mampu membuat Moms menjadi lebih mengenal mereka.

 

Orang-orang dahulu menganggap bayi belum dapat berpikir secara kompleks sebelum usianya mencapai 4-5 tahun. Namun, teori terbaru menyebutkan, bayi ternyata sudah memiliki pemahaman dan berpikir rumit sejak usia 3 bulan. Hal ini dibuktikan oleh para ahli dari Universitas Birkbeck, London. Mereka mengungkapkan bayi berusia 3 bulan sudah mampu membedakan antara anjing dan kucing.



 

Dalam penelitian, setelah ditunjukkan beberapa foto kucing, kemudian setelahnya diperlihatkan foto anjing, para bayi akan melihat foto anjing tersebut lebih lama dari foto sebelumnya sebagai signal bahwa mereka menyadari dan mampu membedakan objek yang berbeda dari sebelumnya.

 



Tidak hanya itu, hasil penelitian juga menemukan bayi usia 6 bulan mampu mendeteksi perbedaan dalam hal berhitung. Setelah mendengar jumlah nada yang dimainkan sama dengan jumlah objek yang ditunjukkan, mereka dapat mengetahui ketika jumlah nada yang dimainkan tidak sama dengan jumlah objek yang ada. (Vya/Sagar/DT/Dok. M&B)

 

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang teori baru tumbuh-kembang bayi dan apa yang harus dilakukan, lihat di majalah Mother&Baby edisi Februari 2015!



Tags: bayi,   tumbuh-kembang










Cover April 2020