Mother&Baby Indonesia
Kenalkan Finger Food Pada Bayi

Kenalkan Finger Food Pada Bayi

Memasuki usia 8-9 bulan, bayi akan mulai belajar makan sendiri. Ia akan sangat bersemangat menyendok makanan dari piring atau mengambil makanan dengan menggunakan kedua tangannya. Walaupun Anda sedikit gemas karena meja makan menjadi berantakan serta tidak semua makanan yang disajikan masuk ke dalam mulutnya, kegiatan ini menandakan Si Kecil sudah menginjak fase kemandirian dan membantunya mengembangkan keterampilan motorik halus maupun koordinasi.

 

(Baca : Pola Makan Bayi 6-9 Bulan)



 

Dilansir dari Babycenter, di usia ini Anda sudah bisa mengenalkan finger food kepadanya. Finger food merupakan makanan dengan ukuran satu kunyahan, yang bisa Si Kecil pegang dengan tangan mungilnya. Awalnya, ia akan menggunakan telapak tangannya untuk menyendok makanan, namun lama kelamaan ia mengerti bagaimana cara menjepit makanan tersebut dengan jempol dan telunjuknya. Keterampilan motorik halus ini disebut juga dengan menggengam dan menjepit.



 

Saat berlatih makan finger food, Anda bisa menaruh 4-5 buah finger food, misalnya potongan buah atau sayuran, di atas piring plastik. Tambahkan lagi jika makanan di piringnya sudah habis. Sebaiknya Anda mendudukkan Si Kecil dalam posisi tegak di highcair untuk mengurangi risiko tersedak. Selain itu, ia pun belajar tentang rutinitas bahwa duduk di highchair menandakan waktu makan bagi dirinya. (Sagar/DT/Dok. M&B)



Tags: bayi,   finger_food,   makan,   tumbuh-kembang










Cover April 2020