Mother&Baby Indonesia
Senam Panggul Jelang Persalinan

Senam Panggul Jelang Persalinan

Saat ini, sudah banyak sumber yang merekomendasikan seorang ibu hamil untuk rutin melakukan olahraga yang aman agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan saat hamil, terutama untuk mempersiapkan tubuh Anda dalam menghadapi persalinan.

 



Menjelang persalinan, salah satu bagian tubuh yang perlu Anda latih kelenturannya adalah otot-otot dasar panggul. Otot dasar panggul ini akan membantu memudahkan Anda pada saat persalinan nantinya.

 

Dasar panggul seorang wanita yang terdiri dari otot dan jaringan ini bersifat elastis. Bagian ini  dapat meregang dan kendur bila beban berat badan berlebih. Namun selama kehamilan, beban otot dan jaringannya akan lebih berat dan lemah karena beban berat badan yang bertambah. Itulah sebabnya,  latihan-latihan tertentu dapat membantu otot Anda lebih kuat dan lentur saat menghadapi persalinan nanti.



 

Latihan dasar panggul juga dapat membantu mencegah masalah inkontinensia, yaitu keluarnya urine atau feses tanpa disengaja atau sulit ditahan, pasca melahirkan. Berikut dua latihan yang bisa Anda lakukan untuk melatih otot dasar panggul.

 

(BACA JUGA: Persiapan Persalinan)

 

1. Latihan Kegel
Latihan kegel dilakukan dengan cara menarik otot area kewanitaan serta dubur anda, kemudian tahan dalam waktu beberapa detik lalu lepaskan lagi. Latihan kegel dapat memperkuat otot panggul dasar yang akan membantu untuk mendorong bayi pada proses persalinan. Latihan ini juga dapat meningkatkan kapasitas kontrol pada kandung kemih.

 

2. Latihan Panggul
Untuk melakukan latihan panggul ini, Anda dapat menggunakan matras. Lakukan posisi seperti merangkak, kemudian atur kedua siku agar dapat mendukung badan anda. Tarik perlahan otot dubur, tahan dalam waktu beberapa detik kemudian lepaskan. Latihan ini juga dapat membantu Anda untuk meringankan sakit di bagian punggung yang sering dialami saat kehamilan. Latihan ini juga dapat membantu Anda meningkatkan sistem aliran darah pada daerah panggul bagian bawah. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: senam,   persalinan,   otot,   panggul,   ibu,   kehamilan,