Mother&Baby Indonesia
Hak Ibu Hamil (2): Di Area Publik

Hak Ibu Hamil (2): Di Area Publik

Ketika berada di tempat umum, ibu hamil memiliki beberapa hak yang harus dipenuhi oleh tempat yang ia kunjungi dan juga orang-orang di sekitarnya. Apa saja hak mereka?

 



Kursi Prioritas di Transportasi Umum
Sejak Desember 2011, Badan Layananan Umum (BLU) Transjakarta memberlakukan kursi khusus wanita di semua koridor bus Transjakarta. Kursi khusus itu berwarna merah dan terletak di deretan kursi belakang sopir hingga deretan kursi dekat pintu. Transjakarta juga menyediakan antrian khusus untuk ibu hamil di setiap halte. Bus akan terlebih dahulu berhenti di pintu khusus bumil sebelum berpindah ke pintu penumpang biasa. Tujuannya agar ibu hamil. bisa duduk dan tak perlu berdesak-desakan saat ingin masuk ke dalam bus. Sedangkan layanan transportasi kereta api penumpang antara pusat kota dan pinggiran kota atau biasa disebut kereta api komuter, menyediakan kursi yang diprioritaskan untuk ibu hamil dan lansia. Kursi penumpang priorotas ini berada di gerbong khusus wanita. Untuk menandakan kursi khusus ini ditempel stiker di dalam jendela gerbong.

 



Parkir Khusus Bumil
Saat hamil, Anda juga bisa mendapatkan tempat parkir lebih mudah. Sebab, berdasarkan Peraturan Daerah No. 5 Tahun 2012, tentang perparkiran selain memberikan perlindungan keamanan bagi kendaraan yang parkir di lokasi parkir juga mewajibkan penyediaan fasilitas parkir khusus bagi para penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil.

 

Antrian Khusus

Samsat
Di beberapa tempat pembayaran pajak Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap atau Samsat tersedia fasilitas loket antrian khusus bagi ibu hamil dan lansia. Jadi, Anda tidak perlu lagi berdesak-desakan mengantri bersama orang lainnya. Anda tinggal menyerahkan berkas pengurusan surat ke loket khusus ibu hamil, selanjutnya petugas yang akan menyelesaikan pengurusannya. Disediakan juga ruang tunggu yang nyaman untuk para ibu hamil. Salah satu Samsat yang sudah memiliki fasilitas ini adalah Samsat Jakarta Timur.

 

Satpas
Satuan Pelayanan Satu Atap Surat Ijin Mengemudi atau Satpas SIM juga memiliki loket khusus ibu hamil, contohnya Satpas di Daan Mogot, Jakarta. Meski layanan khusus tersebut memberikan kenyamanan lebih kepada para ibu hamil, bukan berarti ujian teori maupun praktek Anda akan dimudahkan. Tingkat kesulitan ujian teori dan praktek sama standarnya dengan pemohon pria. Selain loket khusus, di sana juga disediakan ruang tunggu yang nyaman bagi bumil. (K/Siksta/DC/Dok.



Tags: hak_ibu_hamil,   ibu_hamil,   pekerja_hamil