Mother&Baby Indonesia
Hubungan Baik dengan Tenaga Kesehatan

Hubungan Baik dengan Tenaga Kesehatan

Dokter kandungan dan bidan adalah orang-orang yang akan Anda temui selama kehamilan. Mereka adalah orang-orang yang paling berperan dalam menentukan keselamatan dan kesehatan Anda dan Si Kecil, sampai tiba saatnya waktu persalinan. Untuk itu Anda harus memiliki hubungan yang baik dengan mereka sehingga mereka bisa membantu dengan maksimal. Lakukanlah hal-hal berikut untuk menjalin hubungan baik dengan mereka:

 

BERI KEPERCAYAAN
Hubungan yang baik tentu berawal dari kepercayaan. Begitu juga hubungan yang harus Anda bangun dengan bidan dan dokter kandungan. Lalu bagaimana membangun kepercayaan itu?
Awali pencarian dokter kandungan dan bidan dengan teliti dan hati-hati. Mintalah rekomendasi dari beberapa teman atau kerabat. Anda bisa juga melihat  dan membuat penilaian awal dari percakapan di forum-forum kehamilan di internet, misalnya di milis Mother&Baby.



 

Cek riwayat pendidikan, pekerjaan, dan pengalaman mereka dengan menanyakannya ke institusi tempat mereka berpraktek. Anda tentu berharap dengan pendidikan dan pengalaman mereka, mereka cukup tahu obat atau tindakan apa yang harus dilakukan pada Anda.
Jika Anda ragu dengan tindakan dokter pilihan Anda, carilah opini lain. Pertimbangkan opini-opini ahli itu untuk menentukan siapa tenaga medis yang lebih cocok Anda percayai.

 

BERSIKAP TERBUKA
Di awal pertemuan, seorang dokter kandungan dan bidan akan memberikan banyak pertanyaan mendetail pada Anda. Jujurlah tentang diri Anda, misalnya tentang berat badan Anda, kebiasaan-kebiasaan Anda, atau penyakit-penyakit yang Anda idap. Semakin dalam mereka tahu tentang Anda, perawatan yang diberikan akan semakin baik.



 

Terbukalah juga tentang rencana ke depan Anda dengan Si Kecil, sehingga mereka bisa memberikan saran yang sesuai. Misalnya jika Anda ingin sekali melahirkan dengan normal. Dokter dan bidan akan membantu Anda mempersiapkan fisik dan mental. Membicarakan rencana juga bermanfaat untuk mengantisipasi jika rencana-rencana Anda tidak bisa dilakukan. Sudah pasti dokter dan bidan akan membantu Anda membuat rencana baru yang lebih baik. 

 

(Siksta/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: bidan,   melahirkan,   kehamilan








Related Article