Mother&Baby Indonesia
Jika Kulit Wajah Bayi Kasar

Jika Kulit Wajah Bayi Kasar

Dijawab oleh: dr. Widodo Judarwanto, SpA, (Spesialis Dokter Anak di RS. Bunda)

 

T: Bayi saya, berumur 2 bulan, di wajahnya sering muncul merah-merah, kulit wajah kasar. Saya sudah coba pakai bedak bayi, tapi tidak ada perubahan. Obat apa yang cocok buat mengatasinya?

 



J: Kemungkinan bayi ibu mengalami dermatitis atopik atau kelainan kulit yang disebabkan alergi. Faktor yang menjadi penyebabnya sangat banyak, salah satunya alergi susu. Atau perlu dicermati jenis makanan Anda yang dapat diteruskan melalui ASI dan mengganggu bayi. Dalam keadaan ringan, pemberian emolien dapat membantu.



Bila keadaan berat, pemberian bedak kadang malah memperberat keadaan. Pemberian salep kulit tertentu bisa membantu memperbaiki gangguan tersebut. Manfaat salep kulit hanya bersifat sementara, jangka panjang tidak akan memecahkan masalah selama penyebab gangguan tidak diidentifikasi dan dihilangkan. Harus diwaspadai bahaya dan efek samping pemberian salep kulit terutama jenis steroid dalam jangka panjang. Obat minum sebaiknya tidak diberikan kecuali dalam keadaan berat dan dalam jangka pendek. (M&B)



Tags: bayi,   kulit,   dermatitis,   alergi