Mother&Baby Indonesia
Rahasia Hidup Bahagia (2): Berbagilah!

Rahasia Hidup Bahagia (2): Berbagilah!

Tidak ada satu pun ramuan atau obat-obatan yang dapat membuat Anda bahagia. Semua sesungguhnya tergantung pada kemampuan dan keinginan diri sendiri untuk menjadi bahagia. Anda pun harus menyadari bahwa setiap orang pasti memiliki permasalahan dalam hidupnya. Berhentilah mengeluh! Hadapi masalah tersebut dan ciptakanlah kebahagiaan Anda sendiri. Jangan hanya terlena pada kesulitan yang dihadapi, sehingga Anda melupakan begitu banyak hal baik yang telah dialami dalam hidup ini. Berikut beberapa rahasia yang juga harus Anda ketahui agar selalu bahagia.

 

Mengontrol Diri
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Angus Campbell dari University of Michigan menunjukkan, kemampuan yang baik dalam mengontrol diri membuat seseorang menjadi lebih positif dalam menjalani kehidupan. Ia pun akan sangat percaya bahwa apa yang terjadi di hidupnya adalah pilihannya sendiri. Hal itulah yang kemudian membuat ia selalu berusaha untuk mengendalikan keadaan dan bukan sebaliknya. Ia juga memiliki perencanaan yang sangat baik dan menjalani hidup secara teratur. Baginya, waktu harus digunakan secara tepat dan efisien, hingga ia selalu membuat deadline untuk diri sendiri dan berusaha menepatinya agar merasa bahagia.   

 

Hubungan Baik
Seberapa seringkah Anda mengomentari atau berbicara negatif tentang ibu lain atau orang-orang di sekitar Anda? Mulai sekarang hentikan kebiasaan itu dan belajarlah untuk menciptakan hubungan baik dengan siapapun. Berbicara negatif hanya akan membuat Anda tumbuh menjadi pribadi yang tidak menyenangkan dan menyebabkan orang lain menjauh. Anda pun menjadi tidak bahagia karena tidak dapat memiliki teman untuk bertukar cerita. Ketahuilah membina hubungan baik dengan orang lain juga akan memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi Anda dalam menjalani kehidupan.

 

Berbagi
Berbagi dengan orang lain akan mengajarkan Anda untuk tidak hanya mementingkan diri sendiri dan cenderung merasa lebih bahagia. Sebab, saat fokus membantu orang lain, Anda jadi tidak memiliki banyak waktu untuk mengeluh. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk berbagi, salah satunya dengan menjadi volunteer di yayasan sosial di sekitar Anda, seperti Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Sahabat Anak, Yayasan Balita Tuna Netra dan lainnya. Dengan menjadi sukarelawan dan terjun langsung berbagi kebahagiaan dengan mereka, Anda pun akan merasa hidup memang berharga dan lebih bisa menghargainya.

 

Bersyukur
Banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa jika Anda dapat bersyukur atas segala yang didapatkan dalam hidup ini, dari mulai keluarga, pekerjaan, persahabatan, kesehatan dan lainnya, maka hidup pun akan terasa lebih membahagiakan. Oleh karena itu, berhentilah mengeluh dan perbanyaklah bersyukur. Bersyukurlah untuk suami yang selalu setia mendampingi Anda, Si Kecil yang selalu sehat dan semakin pintar, teman-teman yang selalu membuat Anda tertawa, pekerjaan yang Anda cintai, kesempatan untuk menjalani liburan bersama keluarga dan sebagainya. (Dina Christin/DC/Dok. M&B)



Tags: bahagia,   hidup_bahagia,   rahasa,   cinta