Mother&Baby Indonesia
Nutrisi untuk Daya Tahan Tubuh Si Balita

Nutrisi untuk Daya Tahan Tubuh Si Balita

Kondisi cuaca saat ini membuat Si Kecil menjadi lebih mudah terserang penyakit, terutama flu. Agar tak mudah terserang penyakit, tentunya daya tahan tubuhnya harus dalam kondisi baik. Berikut nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya:

 

Lemak
Diperlukan sebagai penyimpanan terbesar sumber energi tubuh. Otak yang sedang tumbuh juga memerlukan lemak. Otak menggunakan 60 persen dari total energi yang dikonsumsi bayi, dan 60 persen dari otak adalah lemak. Contoh lemak baik bisa Anda dapatkan dari buah alpukat.



 

Karbohidrat
Karbohidrat sangat dibutuhkan Si Kecil sebagai salah satu sumber energi. Pilih karbohidrat yang berasal dari zat tepung (gula) yang baik. Sumber gula yang baik adalah ASI, apel, buncis dan kacang polong, produk olahan berbahan susu, buah segar, pasta, kentang, kacang kedelai, kentang, sayuran, dan biji-bijian.

 

Protein
Protein berperan besar untuk pertumbuhan Si Kecil, serta berfungsi untuk memperbaiki dan mengganti jaringan yang rusak. Selama tahun pertama, kebutuhan protein Si Kecil dapat dipenuhi oleh ASI. Sumber-sumber protein lainnya bisa didapat melalui makanan laut, seperti ikan salmon, dan produk olahan berbahan susu yaitu keju dan yoghurt, polong-polongan seperti kacang kedelai, tahu dan buncis, daging sapi dan unggas, telur, mentega kacang, dan padi-padian.

 



Serat
Merupakan bagian yang tidak dapat dicerna dalam tepung dan buah-buahan, ini merupakan pencahar alami yang membantu pembuangan produk sisa makanan dari usus. Makanan garing dan kenyal seperti padi-padian dan polong-polongan merupakan contoh serat yang baik, begitu pula dengan buah-buahan dan sayuran.

 

Vitamin & Mineral
Walaupun tidak dalam jumlah besar, kedua zat gizi ini diperlukan oleh tubuh Si Kecil. Karena vitamin dan mineral membantu makanan yang dikonsumsi bekerja dengan lebih baik dan semua sistem tubuh berfungsi dengan baik.

Vitamin-vitamin yang dibutuhkan Si Kecil yaitu:
- Vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K dan 8 jenis kalsium, fosfor, dan magnesium untuk pembentukan tulang.
- Zat besi dan tembaga untuk produksi darah.
- Zinc untuk mendorong kekebalan tubuh Si Kecil.
- Sodium dan potasium untuk mengatur keseimbangan air di dalam tubuhnya.

 

(Tammy/DT/Dok. M&B UK)
 



Tags: balita,   makanan,   gizi








Cover Januari - Februari 2020