Home - Kehamilan & Persalinan - Panduan Ibu Baru / 5 Februari 2015 / Redaksi

Mencari Let Down Reflex

Anda pernah mengalami rasa nyeri di payudara saat menyusui atau memerah ASI? Jangan kaget Moms, itu artinya Anda sedang mengalami Let Down Reflex atau saat di mana ASI Anda mengalir keluar. LDR ini dipengaruhi oleh hormon Oksitosin yang menyebabkan kotraksi otot-otot di sekitar payudara sehingga ASI mengalir ke saluran dan keluar di pori-pori.

 

Selain rasa nyeri, ibu juga bisa mengalami rasa mual atau bahkan rileks dan tenang sampai mengantuk saat terjadi LDR. LDR juga bisa dirasakan ketika tiba-tiba payudara Anda seperti terasa sangat penuh, ASI menetes dari payudara dan gerakan menyusu bayi yang berubah dari cepat-putus-putus menuju menghisap- menelan.

 

Ketika memerah ASI biasanya LDR lebih lama datang ketimbang menyusui langsung. Ada beberapa cara untuk memunculkan LDR ketika memompa ASI, misalnya dengan melihat foto atau video bayi Anda atau memegang baju Si Kecil yang habis dipakai. Cara lain yang bisa digunakan adalah memijat lembut payudara Anda atau membiarkan orang-orang terdekat Anda memberikan dukungan dan semangat.

(Siksta/DT/dok.FreeDigitalphotos)







RELATED ARTICLE

Menyusui Saat Bekerja

Air Bagi Ibu Hamil & Menyusui

Rahasia Warna ASI




OTHER ARTICLES

Tips Menghadapi Balita yang Agresif

Penuh Kebutuhan Vitamin D dengan Makanan Ini

Tips Negosiasi Gaji bagi Ibu Milenial

Inspirasi Bisnis Menjelang Natal

5 Tips agar Anak Semangat Minum Susu