Mother&Baby Indonesia
Mengapa Mengantuk Setelah Makan Siang?

Mengapa Mengantuk Setelah Makan Siang?

Anda sering mengantuk setelah makan siang di kantor? Rasa kantuk yang menyerang setelah makan siang ini seringkali menghambat pekerjaan Anda di kantor. Namun, ternyata bukan hanya Anda, sebagian besar orang juga mengalami hal yang sama dengan Anda, Moms!

 

Dikutip dari New York Times, fenomena yang ternyata wajar terjadi ini merupakan reaksi biologis, karena manusia umumnya memiliki keinginan untuk tidur sekitar 7 jam setelah mereka terbangun. Itu sebabnya Anda akan terdorong untuk beristirahat di jam makan siang.



 

Namun, rasa kantuk ini juga bisa dipengaruhi oleh tenaga yang Anda habiskan saat bekerja di jam sebelumnya. Hasil penelitian juga menunjukkan, saat seseorang makan siang terlalu kenyang, oksigen tubuh akan berkurang 20-40 persen karena hiperventilasi dan napas menjadi berat, sehingga kadar oksigen ke otak juga menurun, karena itulah Anda mengantuk.

 



Selain itu, efek makanan yang Anda konsumsi juga dapat memicu kantuk setelah makan siang. Mengonsumsi makanan manis dan tinggi karbohidrat juga dapat memicu kantuk Anda setelah makan. Gula darah yang meningkat lebih tinggi akibat konsumsi makanan manis atau karbohidrat menyebabkan pankreas melepaskan banyak insulin, di mana pada akhirnya akan diubah ke serotonin yang juga membuat kita merasa mengantuk.

 

Karena itu, untuk menghindari kantuk Anda juga harus memerhatikan makanan yang Anda konsumsi saat makan siang, seperti membatasi gula dan tepung,dan perbanyak konsumsi sayuran. Anda juga bisa mengonsumsi ayam atau ikan, serta makan siang dengan porsi yang cukup, tidak berlebihan ataupun kekurangan. (Aulia/DT/dok.fredigitalphotos)



Tags: ibu,   kesehatan,   mengantuk,   makan,   nutrisi,  








Cover Januari - Februari 2020