Mother&Baby Indonesia
Kenyang Lebih Lama dengan Bubur Oat

Kenyang Lebih Lama dengan Bubur Oat

Bagi Anda yang sedang menjaga berat badan, cobalah sarapan bubur. Dikutip dari sumber Daily Mail, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal menyebutkan bahwa mengonsumsi 1 porsi bubur oat saat sarapan mampu mengelola rasa lapar lebih baik daripada sereal.

 

Dr. Frank Greenway dan rekan-rekannya dari Pusat Penelitian Pennington Biomedical di Louisiana State University menguji 3 perbedaan antara sarapan bubur oat dan sereal. Hasil penelitian menunjukkan, bubur oat dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.



 

Penelitian tersebut melibatkan 43 orang yang tidak makan di malam hari. Mereka lalu diberi 3 sarapan yang berbeda secara acak setiap harinya, selama seminggu. Setiap sarapan terdiri dari 150 kalori bubur oat, sereal dengan bahan dasar gandum, dan 67 kalori dari susu bebas laktosa. Setelah sarapan, rasa lapar dan kenyang para peserta dinilai dalam 30, 60, 120, 180 dan 240 menit.



 

Hasilnya ketika mengonsumsi bubur oat, mereka dilaporkan merasa kenyang lebih lama, dibandingkan saat makan sereal atau susu. Bubur oat juga mengurangi keinginan mereka untuk makan lebih banyak. "Dari penelitian ini, kami menemukan bahwa bubur oat lebih efektif untuk menekan nafsu makan dibandingkan dengan santapan lainnya di pagi hari. Bahkan bila dikonsumsi dengan ukuran porsi yang lebih kecil," jelas Dr. Frank. (Aulia/DC/dok.freedigitalphotos)



Tags: nutrisi,   oat,   diet,   sarapan,  








Cover Maret 2020