Mother&Baby Indonesia
Makanan Tinggi Kalsium

Makanan Tinggi Kalsium

Kalsium dapat membangun tulang dan gigi yang sehat. Makanan tinggi kalsium juga dapat melindungi fungsi otot, sel, dan saraf Anda agar berfungsi dengan baik. Orang dewasa butuh kalsium sekitar 1.000 miligram per hari, atau sekitar 3 gelas susu. Namun, untuk mendapatkan kalsium, tentu Anda tidak harus hanya bergantung pada susu saja. Ada beberapa jenis makanan 'non-susu' yang kaya akan kalsium, seperti berikut.

 

1. Brokoli
Sebanyak 2 cangkir brokoli mentah mengandung sekitar 86 miligram kalsium. Selain kaya akan kalsium, dalam brokoli juga terdapat kandungan vitamin C yang besarnya hampir mencapai 2 kali lipat dari buah jeruk. Penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak sayuran seperti brokoli juga menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker usus besar dan kanker kandung kemih.



 

2. Bok Choy
Bok choy ada sayuran sejenis sawi, yang juga disebut pok choy. Satu cangkir bok choy memiliki kandungan kalsium sebesar 74 miligram. Bok choy juga merupakan sumber vitamin A, vitamin C, dan kalium. Bok choy biasanya dikonsumsi dalam olahan tumisan. Sayuran ini juga sering menjadi olahan chinese food.

 

3. Jeruk
Dalam 1 buah jeruk terdapat 74 miligram kalsium. Jeruk selama ini dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Jeruk juga rendah akan kalori dan kaya antioksidan.

 

4. Sarden
Bukan hanya kaya kalsium, sarden juga kaya vitamin B-12 yang merupakan nutrisi penting bagi otak dan sistem saraf. Sarden juga mengandung vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang.



 

5. Salmon
Setengah kaleng salmon disebut dapat memenuhi 44 persen kebutuhan kalsium harian Anda.

 

6. Tofu
Selain sebagai bahan makanan yang lezat dan lembut, tahu ternyata juga merupakan sumber kalsium. Bahan makanan yang berasal dari susu kedelai ini juga merupakan sumber asam lemak omega 3 yang tinggi. Tofu juga rendah kalori, lemak, dan bebas kolesterol.

 

7. Kacang Almond
Sekitar 23 butir kacang almond mengandung kadar kalsium sekitar 75 miligram. Almond juga kaya akan vitamin E dan potasium. Kacang almond juga mengandung lemak baik yang membantu menurunkan kolesterol jahat. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: nutrisi,   kalsium,   ibu,   bayi,   balita,   makanan,  








Cover Januari - Februari 2020