Mother&Baby Indonesia
8 Rahasia Terbang Termurah Paling Mudah

8 Rahasia Terbang Termurah Paling Mudah

Saat ini pesawat terbang sudah menjadi salah satu moda transportasi favorit. Kecepatan dan kepraktisan dalam perjalanan membuatnya kerap diandalkan, terutama untuk jarak jauh. Apalagi sekarang harga tiket pesawat semakin murah. Semua maskapai berlomba-lomba memberikan penawaran terbaiknya. Namun, tahukah Anda bahwa kita dapat mendapatkan tiket murah dengan cara yang lebih mudah lagi?
 

Kami akan berikan 8 rahasia untuk bisa terbang dengan tiket termurah dengan cara yang mudah. Simak, ya!
 



1. Booking tiket online
Memesan tiket online mampu memangkas banyak biaya. Harga tiket bisa lebih murah karena tidak terbebani ongkos cetak dan distribusi dari maskapai penyedia. Anda pun bisa menghemat ongkos transport karena tidak perlu mengunjungi loket tiket. Cukup buka situs penjualan tiket dan booking dengan mudah dan cepat.
 

2. Gunakan Online Travel Agent (OTA)
Booking tiket online akan lebih efektif jika Anda menggunakan online travel agent (OTA). Agen ini mampu menyediakan informasi lengkap pilihan maskapai, waktu penerbangan, sekaligus perbandingan harga secara akurat. Anda jadi lebih mudah mencari penerbangan yang paling tepat dalam satu situs. Salah satu OTA yang populer di Indonesia adalah Traveloka.com.
Untuk mendapatkan penerbangan murah, sudah pasti dengan memilih maskapai bujet. Salah satu maskapai bujet andalan di Tanah Air adalah Sriwijaya Air. Harga murahnya akan semakin murah lagi jika Anda membeli tiket Sriwijaya Air di Traveloka.
 

3. Pesan tiket jauh-jauh hari
Hasil riset menyatakan bahwa waktu terbaik memesan tiket adalah 21 hari untuk penerbangan domestik dan 34 hari untuk penerbangan internasional sebelum hari H penerbangan. Jarak terjauh yang disarankan untuk memesan tiket adalah 6-20 minggu sebelum penerbangan (idealnya 16 minggu). Waktu tersebut adalah waktu di mana harga tiket ditawarkan paling murah. Hindari memesan tiket pada 6 bulan sebelum penerbangan karena harganya cenderung naik jauh dari normal (kecuali Anda memesan tiket promo khusus).
 



4. Hari penerbangan terbaik ada di tengah minggu
Sebaiknya pilih waktu penerbangan di hari Selasa atau Rabu. Dua hari di tengah minggu tersebut, maskapai cenderung memberikan harga termurah. Sabtu juga menjadi pilihan terbaik berikutnya, karena hari tersebut ternyata cenderung sepi dicari. Jumat dan Minggu adalah waktu penerbangan dengan harga tertinggi karena peminatnya paling banyak. Sebaiknya hindari terbang di dua hari ini.
 

Untuk jam penerbangan, harga termurah cenderung ada di penerbangan pertama dan terakhir karena sepinya peminat. Jam makan siang dan jam makan malam menjadi jam terbang terbaik berikutnya sebab orang cenderung menghindari terbang di waktu tersebut karena bersantap berat di pesawat tidak menjadi pilihan orang kebanyakan.
 

5. Penerbangan transit lebih murah
Jika memungkinkan, Anda bisa memilih penerbangan transit untuk jarak jauh. Harga tiket penerbangan ini cenderung lebih murah dibandingkan penerbangan langsung.
 

6. Pilih maskapai kelas ekonomi
Apapun pilihan maskapai Anda, pilihlah kelas ekonomi jika memang ingin penerbangan yang sudah pasti lebih murah. Kelas ekonomi saat ini sudah memberikan pelayanan dan fasilitas yang cukup untuk penerbangan Anda. Apalagi jika Anda terbang singkat, kelas ini sudah sangat cukup.
 

7.  Bawa camilan dan minuman sendiri
Anda pasti tahu bahwa harga makanan dan minuman di bandara maupun dalam pesawat bisa berkali-kali lipat dari harga normalnya. Anda bisa menghemat biaya sangat signifikan hanya dengan membawa camilan dan minuman sendiri. Bawa secukupnya, sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan maskapai.
 

8. Pastikan bagasi tidak melebihi muatan
Ongkos tambahan bagasi terbilang cukup terasa. Oleh karena itu, pastikan bagasi Anda hanya memuat barang yang penting dan pasti digunakan. Tidak perlu bawa barang “pemanis” yang malah bisa membuat Anda membayar kelebihan bagasi padahal hanya untuk perjalanan beberapa hari saja. (HG/DT/dok: Traveloka)

 



Tags: travel,   tiket online,   murah