Mother&Baby Indonesia
Taktik Jitu Dapatkan Berat Badan Ideal!

Taktik Jitu Dapatkan Berat Badan Ideal!

Banyak cara untuk mengurangi berat badan, dari yang klasik seperti berolahraga hingga beragam jenis diet ketat. Namun, di dalam hati kecil Moms pasti tahu bahwa untuk mendapatkan berat badan yang ideal tidak ada cara yang instan, bukan? Pertambahan berat badan terjadi karena rutinitas harian, entah itu sedikit atau banyak. Sedangkan untuk mengembalikannya dibutuhkan usaha yang keras.

 

Kabar baiknya adalah Anda tidak perlu terlalu stres memikirkan bagaimana cara agar berhasil kurus! Dilansir melalui Huffingtonpost, ada 4 taktik jitu tanpa melibatkan diet ekstra keras atau olahraga setiap hari agar mendapatkan berat badan yang ideal.



 

1. Siapkan semangkuk buah
Dalam salah satu studi yang dipublikasikan di Fast Company, orang-orang yang menyiapkan buah-buahan di dapurnya memiliki berat badan 3,6 Kg lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak melakukannya. Profesor Brian Wansink dari Cornell University, AS, sekaligus pengarang Mindless Eating, menyebutkan rata-rata orang membuat 200 keputusan tentang makanan dalam sehari. Dengan terlalu banyak tekanan ingin menguruskan badan, Anda pun menjadi kesulitan untuk menentukan apa menu makanan Anda hari ini. Oleh karena itu, agar Anda lebih mudah membuat keputusan, siapkan mangkuk besar berisi buah-buahan di dapur. Saat Anda merasa lapar, buah-buahan tersebut sudah tersedia dan Anda pun tidak sempat mencari kudapan yang kaya akan lemak.

 

2. Berteman dengan orang-orang baik
Sebagai makhluk sosial, opini orang lain cukup penting bagi kita. Bila Anda menghabiskan waktu bersama orang-orang yang selalu mengkritik berat badan Anda, maka Anda pun akan semakin tertekan. Studi dalam Science of Us menjelaskan, “Wanita yang ukuran tubuhnya tidak pernah dikomentari lebih mudah mempertahankan berat badan atau menjadi lebih kurus. Sementara itu, wanita yang memiliki teman dan keluarga yang selalu mengkritik berat badannya justru lebih berpeluang menambah berat badan sekitar 1,8 Kg.” Karenanya, berkumpulah bersama orang-orang yang menerima Anda apa adanya ya, Moms.



 

3. Tidur teratur
Banyak orang yang menyepelekan pentingnya tidur. Padahal, kualitas dan berapa lama waktu tidur sangat memengaruhi sinyal nafu makan Anda di dalam otak. Studi pada 2013 menemukan, kurangnya waktu tidur membuat area pada otak yang diasosiasikan dengan perilaku adiktif menjadi berubah. Orang tersebut pun akan makan demi rasa puas, bukan karena lapar. Dan tidur yang cukup juga berguna untuk meningkatkan usaha menurunkan berat badan.

 

4. Makan almond dan minum air putih
Meski mungkin Anda sudah sering mendengar atau membacanya, namun almond dan air putih merupakan taktik yang sangat membantu dalam program menurunkan berat badan. Studi pada 2013 menuturkan, mengonsumsi almond setiap hari mampu mengendalikan nafsu makan dan terdorong memakan makanan sehat lainnya. Sedangkan air putih membuat Anda kenyang dan menjauhkan risiko menambah saat makan. Jadi, minumlah segelas air sebelum makan dan selalu sediakan botol air di meja kerja Anda. (Sagar/Dok. M&B)



Tags: berat_badan,   wanita,   diet










Cover Mei-Juni-Juli 2020