Mother&Baby Indonesia
Bermain Gadget Dapat Sebabkan Depresi!

Bermain Gadget Dapat Sebabkan Depresi!

Tahukah Anda bahwa wanita bermain Facebook rata-rata 81 menit dalam sehari? Ya, faktanya wanita jauh lebih lama aktif di Facebook dibandingkan dengan para pria, yang rata-rata menghabiskan waktu sekitar 64 menit dalam sehari untuk bermain sosial media yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini.

 

Kendati demikian, sebaiknya Anda perlu membatasi diri saat menggunakan komputer atau perangkat gadget mulai dari sekarang ya, Moms! Sebab, para ahli dari University of Gothenburg, Swedia, menemukan bahwa terlalu sering menggunakan keduanya dapat meningkatkan stres, masalah tidur, serta depresi!



 

Dilansir dari Daily Mail, tim ahli mencari konklusi dari masalah ini dengan meneliti lebih dari 4.100 wanita dan pria Swedia dengan usia berkisar antara 20-24 tahun selama setahun. Pemimpin studi, Sara Thomee, menyebutkan ada ‘pusat hubungan’ antara komputer dengan gangguan-gangguan mental tersebut.

 



“Sangat mudah melakukan banyak hal melalui komputer atau gadget, misalnya bekerja, mengobrol di sosial media, atau bermain game. Hal itu cenderung membuat tekanan waktu menjadi bertambah, mengacuhkan berbagai macam aktivitas lainnya, serta kebutuhan personal lainnya, seperti interaksi sosial dengan orang-orang, tidur, maupun berolahraga,” tuturnya.

 

Studi juga mengungkapkan korelasi antara stres dan selalu sering bermain handphone, terutama perasaan bersalah saat Anda tidak membalas pesan atau menelepon orang tersebut. Tidak hanya itu, orang-orang, khususnya Si Kecil, yang bermain game online memiliki risiko lebih besar untuk mengalami depresi. Jadi, kurangi waktu Anda memegang gadget dan habiskan waktu lebih banyak bermain bersama Si Kecil yuk, Moms! (Sagar/DT/Dok. Daily Mail UK)



Tags: depresi,   komputer,   handphone,   sosial_media,   facebook








Cover Maret 2020