Mother&Baby Indonesia
Kondisi Jantung Memengaruhi Ingatan Seseorang

Kondisi Jantung Memengaruhi Ingatan Seseorang

Jika Anda memiliki fisik yang kurang prima dan mudah sakit, Anda perlu meningkatkan kebugaran tubuh Anda mulai dari sekarang. Sebab, para peneliti dari Amerika Serikat menemukan risiko berkembangnya masalah ingatan lebih besar dialami oleh orang-orang dengan kondisi jantung yang tidak baik. Dan kebugaran tubuh juga sangat berperan penting pada kesehatan otak.

 



Studi yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association ini melibatkan 17.761 orang berusia 45 tahun ke atas yang fungsi kognitifnya baik dan tidak memiliki riwayat stroke dalam keluarga. Fungsi mental mereka pun kemudian dievaluasi 4 tahun setelahnya.



 

Kesehatan jantung mereka juga dievaluasi dan dinilai berdasarkan beberapa faktor, seperti merokok, diet, olahraga, indeks massa tubuh atau body mass index (BMI), tekanan darah, jumlah kolesterol, dan glukosa puasa. Setiap faktor diukur ke dalam 3 hal, yaitu buruk, sedang, atau ideal.

 

Dilansir melalui Daily Mail, setelah dihitung berdasarkan perbedaan usia, jenis kelamin, latar belakang serta edukasi, peneliti mengidentifikasi pelemahan ingatan terjadi pada 4,6 persen orang yang nilai kesehatan jantungnya yang buruk. Karenanya, mulailah menerapkan gaya hidup sehat dari sekarang ya, Moms! (Sagar/Dok. Daily Mail UK)



Tags: kesehatan,   ingatan,   jantung