Mother&Baby Indonesia
Macam Jenis Alergi

Macam Jenis Alergi

Alergi adalah reaksi kepekaan abnormal tubuh terhadap suatu benda atau zat tertentu. Gejala alergi bisa muncul kapan saja, meski umumnya banyak juga yang sudah menunjukkan gejala sejak kecil. Gejala alergi mudah untuk dikenali. Pada anak, gejala yang sering dikeluhkan biasanya batuk atau eksim, yakni keadaan di mana kulit menjadi kemerahan dan gatal. Untuk mengetahui penyebab alergi tersebut, Anda harus mengonsultasikannya ke dokter.

 

Berikut macam alergi yang dikenal secara umum dialami masyarakat Indonesia.



 

1. Alergi Debu Rumah
Alergi debu menyebabkan bersin, mata serta hidung gatal dan berair terus menerus. Debu terdiri dari partikel-partikel kecil yang membentuk debu. Tungau merupakan partikel terbanyak yang mendominasi debu.

 

2. Alergi Pollen
Pollen adalah tepung sari sejenis tanaman rumput. Tepung sari padi merupakan salah satu alergen di Indonesia. Mereka yang tinggal di peternakan atau dekat sawah, berisiko besar terkena alergi ini.

 



3. Alergi Spora Jamur
Spora jamur yang dimaksud adalah jenis jamur yang berterbangan di udara, bukan jamur sejenis tanaman. Seperti halnya debu dan pollen, spora jamur juga merupakan penyebab timbulnya alergi rhintis, atau flu yang disebabkan alergi.

 

4. Alergi Obat
Alergi obat timbul saat sistem imunitas mendeteksi suatu obat sebagai zat berbahaya. Alergi obat merupakan kasus yang jarang terjadi. Namun, anak yang mengidap asma atau jenis alergi lain, memiliki kecendrungan alergi jenis obat tertentu.

 

5. Alergi Makanan
Alergi makanan adalah hal yang lazim terjadi. Sebagian besar orang memiliki alergi beberapa jenis makanan laut. Umumnya, bayi memiliki alergi pada protein susu atau telur. Pada bayi, pemberian ASI eksklusif dapat mengurangi terjadinya alergi. Gejala alergi makanan ini bisa berupa demam, mata merah, timbul bercak kemerahan, gatal pada kulit, hingga asma. Alergi juga dapat timbul ketika seseorang terlalu sering terpapar suatu zat atau mengonsumsi jenis makanan tertentu dalam waktu yang lama. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: kesehatan,   ibu,   alergi,   penyakit,  








Cover Maret 2020