Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Pencegahan Alergi

Pentingnya Pencegahan Alergi

Anda atau anggota keluarga memiliki bakat alergi? Jangan sepelekan gejala alergi yang dialami anggota keluarga Anda, Moms! Jumlah kasus alergi pada anak Indonesia kini semakin meningkat dan menimbulkan dampak negatif yang cukup signifikan. Menurut Prof. dr. Sofyan Ismael, Sp.A(K), Dokter Spesialis Anak RS Cipto Mangunkusumo, alergi tidak hanya membebani keluarga dari segi kesehatan, tetapi juga memiliki dampak yang memengaruhi kualitas hidup dan bahkan beban ekonomi negara.

 



Alergi juga disebut dapat menjadi pembuka jalan bagi penyakit imunologi lainnya dalam siklus hidup kita. Untuk itu, pencegahan primer alergi adalah cara yang paling sederhana dan efektif untuk menurunkan prevalensi alergi. Pencegahan ini bisa dilakukan dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan anak. Namun, jika secara media bayi tidak bisa mendapatkan ASI karena suatu hal, Ikatan Dokter Anak Indonesia merekomendasikan penggunaan formula hidrolisat parsial untuk mengurangi risiko alergi.



 

“Formula hidrolisat parsial memberikan rasa yang lebih baik dan lebih ekonomis dibanding dengan formula,” ungkap Prof. Sofyan dalam seminar media ForNASA Selasa lalu( 17/02). Selain itu, para orangtua disarankan untuk melakukan pencegahan alergi sedini mungkin, karena hal ini dapat membantu keluarga, bahkan memperingan beban ekonomi negara. (Aulia/DT/dok.freedigitalphotos)



Tags: alergi,   balita,   anak,   ibu,   penyakit,   kesehatan,