Mother&Baby Indonesia
Olahraga 10 Menit Kurangi Risiko Serangan Jantung

Olahraga 10 Menit Kurangi Risiko Serangan Jantung

Tidak ada lagi alasan untuk tidak berolahraga karena tidak punya waktu ya, Moms! Pasalnya, cukup berolahraga selama 10 menit setiap hari Anda dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke secara drastis. Badan amal British Heart Foundation (BHF) menjelaskan langkah kecil ini merupakan kunci untuk memperbaiki tubuh dari kebiasaan gaya hidup buruk yang dilakukan.

 

Kampanye ini digalakkan di Inggris sebab berdasarkan hasil riset, kurang dari 30 persen orang dewasa di Inggris mengonsumsi 5 macam buah dan sayur setiap hari. Mereka pun juga jarang melakukan olahraga sesuai dengan waktu yang dianjurkan para ahli kesehatan, yaitu 2,5 jam per hari.



 

Catherine Kelly dari BHF menuturkan, orang-orang merasa sulit untuk menerapkan pola hidup sehat dalam kesibukan rutinitas mereka. “Kami tahu perubahan kecil ini dapat memberikan perbedaan yang besar pada kehidupan mereka.” ujarnya seperti dikutip melalui Dailymail.



 

Masalah jantung adalah 1 dari 4 penyakit penyebab kematian terbesar di Inggris dan sekitar 7 juta orang mengalaminya. Dr Mike Loosemore, Lead Consultant in Exercise Medicine pada Institute of Sport, Exercise and Health, menjelaskan, “Berdiri selama 3 jam sama baiknya dengan melakukan lari maraton 10 kali dalam setahun. Seluruh olahraga berdampak positif meski hanya sebentar waktunya. Ini dapat membuat Anda tetap sehat, mengurangi risiko serangan jantung, diabetes, serta kanker. Selain itu, berolahraga juga dapat menurunkan kolesterol dan membuat tubuh lebih kurus.” (Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: olahraga,   jantung,   stroke,   diabetes,   kesehatan










Cover Mei-Juni-Juli 2020