Mother&Baby Indonesia
Tips Menjadi Ayah Hebat

Tips Menjadi Ayah Hebat

Penelitian menunjukkan bahwa para ayah biasanya tidak punya banyak waktu untuk quality time bersama anak-anak mereka. Namun, para ayah tetap perlu memainkan perannya dalam mebesarkan anak-anak mereka. Dengan sedikit waktu yang dimiliki, Anda sebenarnya bisa tetap maksimal menjalankan peran ayah dan menjadi sosok ayah yang hebat. Ini tipsnya.

 

1. Kelola Emosi di Rumah
Menurut Clive Hamilton, Direktur Eksekutif Australia Institute, sebagian besar ayah bekerja lebih dari 50 jam setiap minggunya. Itu sebabnya, saat di rumah mereka akan lebih banyak mengeluh dan lebih emosional. Namun, sebagai seorang pria dewasa, belajarlah untuk mengendalikan emosi Anda. Jangan perlihatkan suasana hati Anda yang buruk di depan anak-anak. Penelitian menemukan bahwa orangtua yang lebih sering memperlihatkan kemarahan dan emosinya, akan membuat anak menarik diri dari orangtuanya. Anak juga pandai meniru sikap orangtuanya. Jika Anda banyak memperlihatkan kemarahan dan keluhan, bukan tidak mungkin anak Anda memiliki sikap yang sama.



 

2. Nikmati Waktu Luang di Akhir Pekan
Seorang peneliti dari Institute of Family Studies Australia mengatakan, anak-anak sangat mendambakan bisa menikmati waktu bersama ayah mereka. Jadi, luangkanlah waktu akhir pekan Anda untuk bermain bersama Si Kecil ya, dads!

 

3. Permainan Fisik
Seorang ahli saraf di Australia menemukan bahwa permainan fisik bagi balita ternyata dapat mengembangkan bagian otak anak-anak yang mengatur kordinasi gerak dan kemampuan olahraga. Ayah memegang peranan penting terhadap hal ini. Jadi, saat memiliki waktu luang ajaklah anak Anda bermain berbagai permainan fisik di halaman rumah. Permainan fisik bersama ayah ini juga membantu mereka lebih percaya diri dan juga mencegah risiko obesitas.

 

4. Curi Perhatian
Sebagian ayah merasa tidak dekat dengan anak-anaknya. Itu bisa jadi karena Anda terlalu menarik diri. Jadi, jangan merasa asing dengan anak-anak. Dapatkan perhatian mereka dengan kasih sayang Anda. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda adalah sosok ayah yang memang bisa diandalkan dan dipercaya, seperti ibu mereka.



 

5. Lakukan Hobi Bersama
Anak-anak kerap ingin terlibat dalam kegiatan orang dewasa, tak terkecuali orangtuanya. Jika Anda memiliki hobi yang menarik, seperti menonton pertandingan bola, bermain badminton, atau memancing, tidak ada salahnya untuk mengikutsertakan Si Kecil dalam hobi Anda tersebut. Perkenalkan padanya hobi Anda yang menarik, bukan tidak mungkin mereka juga akan menyukainya seperti Anda. Hal ini juga baik bagi perkembangan pengetahuannya.

 

6. Menjaga Komunikasi
Saat Anda berada jauh dari rumah atau sedang pergi dinas ke luar kota, sempatkan waktu untuk berbicara kepada anak-anak Anda melalui telepon atau skype. Tanyakan bagaimana Si Kecil melewati hari mereka. Komunikasi ini adalah cara terbaik untuk menjaga hubungan Anda dengan Si Kecil, agar ia tetap dapat merasakan kehadiran sosok ayah yang ingin mengetahui perkembangan mereka.

 

7. Mengasuh Si Kecil
Bukan hanya ibu, Anda pun bisa mengurus Si Kecil. Dari mulai menggantikan baju, memandikan, hingga membersihkan muntahan atau menggantikan popok Si Kecil setelah buang air besar, tentu juga harus Anda pelajari. Sesekali, Anda juga bisa melakukannya di rumah. (Aulia/DT/dok.M&B)



Tags: ayah,   orangtua,   anak,   tips,   balita,