Mother&Baby Indonesia
Biasakan Belajar Teratur Sejak Dini

Biasakan Belajar Teratur Sejak Dini

Anak-anak takut pada banyak hal, terutama semua yang tidak dikenalnya, seperti sayuran yang ia belum pernah makan atau saat mengunjungi rumah kerabat Anda yang ia tidak kenal. Meski begitu, setiap manusia pasti akan mengalami perubahan, tidak terkecuali Si Kecil. Ia akan melepas empeng, suatu saat akan menjadi kakak, belajar bersama teman-temannya di sekolah, dan belajar bermain sepeda.

 

Karenanya, mengenalkan rutinitas sehari-hari adalah hal yang bisa memberikan rasa aman pada anak dan mengembangkan penguasaan dalam mengatur hidupnya sendiri. Dengan meningkatnya kemampuan ini, Si Kecil pun dapat menguasai perubahan yang lebih besar. Sebab, bila Si Kecil tidak terbiasa dengan rutinitas, misalnya rutinitas dasar merawat diri, dari membersihkan diri hingga makan, ia akan menemui kesulitan merawat diri sendiri saat dewasa.



 

Kendati demikian, Dr. Laura Markham, psikolog klinis dari Universitas Colombia, menyebutkan ada kalanya di mana aturan dilanggar, seperti tidur malam untuk melihat gerhana bulan. “Peraturan seharusnya tidak perlu menekan. Tetapi dengan rutinitas, anak-anak akan memperoleh rasa aman, dan juga terbiasa untuk mengatur hidupnya,” ujarnya. (DT/Sagar/Dok. Freedigitalphotos)



 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar rutinitas dan manfaatnya untuk Si Kecil, cek di Majalah Mother&Baby edisi Februari 2015 ya, Moms!



Tags: balita,   anak,   rutinitas








Cover Maret 2020