Mother&Baby Indonesia
Transplantasi Jantung Pada Anak Meningkat

Transplantasi Jantung Pada Anak Meningkat

Pengidap penyakit jantung semakin bertambah setiap tahunnya, terutama di usia muda. Menurut penelitian, sekitar 2.700 anak-anak di Amerika Serikat telah masuk daftar transplantasi jantung. Hal ini membuat para peneliti menyatakan bahwa pasien anak yang membutuhkan transplantasi jantung lebih baik tidak perlu menunggu organ yang pas untuk dirinya. Sebab, mengambil donor jantung yang tersedia ternyata mampu meningkatkan waktu bertahan pasien lebih dari satu tahun, dibandingkan dengan menunggu organ yang sesuai dengan status kekebalan tubuhnya.

 

Walaupun "organ asing" dan jaringan yang masuk ke dalam tubuh akan memicu respon kekebalan tubuh, yang justru akan mengakibatkan kehancuran buat jaringan asing tersebut, beberapa anak disebutkan mampu menerima donor jantung yang tersedia, bahkan ketika sistem kekebalan tubuh mereka dapat menolak organ baru.



 



Untuk mencegah hal ini terjadi, pasien biasanya diberikan obat imunosupresif. Namun, dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak-anak yang belum berkembang dengan sempurna, akan lebih kecil kemungkinannya menolak jaringan asing dibandingkan orang dewasa. (AM/Sagar/DT/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: balita,   anak,   jantung,   kesehatan