Mother&Baby Indonesia
Hernia Umbilikal pada Bayi

Hernia Umbilikal pada Bayi

Moms, beberapa bayi biasanya mengalami kondisi yang disebut hernia umbilikal. Kondisi ini umumnya muncul pada 3 minggu pertama setelah bayi dilahirkan dan menimbulkan benjolan di bagian pusarnya. Hal tersebut terjadi karena adanya celah atau lemahnya otot dinding perut, sehingga jaringan terdorong keluar, menonjol  dari permukaan kulit. Di bawah benjolan ini, jaringan dapat keluar atau masuk di antara celah otot perut, sehingga hernia bisa hilang lalu timbul kembali.

 

Hernia sering kali disepelekan dan kebanyakan orangtua tidak menyadari kemunculannya, kecuali mereka merasa pusar bayinya agak menonjol. Jika benjolan kecil, biasanya memang tidak menimbulkan masalah. Tetapi bila benjolannya besar, hal ini bisa membuat bayi tidak nyaman. Benjolan dapat keluar masuk ke dalam perut, menyebabkan kolik, dan mungkin juga mengganggu kelancaran proses pencernaan di usus besar dan pembuangan.



 



Jika bayi menangis atau marah, hernia bisa membesar, karena terjadi peningkatan tekanan di dalam perut. Tetapi, hal ini sebenarnya tidak menyakitinya. Berendam air hangat dan pijatan lembut pada perut dapat menenangkan bayi dan membuat hernia kembali mengecil. Bila Anda merasa hernia yang dialami bayi membuatnya tidak nyaman, Anda perlu mengonsultasikannya ke dokter agar dilakukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya. (ER/Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: hernia_umbilikal,   benjolan_pusar_bayi,   kelainan_pada_bayi,   info_bayi