Mother&Baby Indonesia
Tips Membersihkan Organ Intim Si Kecil

Tips Membersihkan Organ Intim Si Kecil

Organ intim atau alat kelamin merupakan organ reproduksi yang harus selalu dibersihkan dan dirawat. Perawatannya pun harus dimulai sejak dini. Merawat organ intim anak perempuan tentu berbeda dengan laki-laki. Anda dapat membersihkannya dengan tips M&B berikut ini.

 

Bayi Perempuan



Anda tidak perlu membuka bibir vagina (vulva) untuk membersihkan bagian dalamnya. Seka saja kulit kelaminnya dengan kapas basah atau bersihkan dengan air mengalir. Yang penting adalah harus membersihkan dari arah depan ke belakang, ke bagian anus. Hati-hati jangan sampai terbalik karena bakteri yang ada pada feses bisa terbawa ke bagian vagina, jika arah membersihkannya terbalik. Setelah itu, keringkan dengan handuk bersih.

 

Bayi Laki-laki

Jangan menarik kulit luar penis terlalu kuat ketika membersihkannya. Saat bayi, kulit luar penis sangat kencang, sehingga menariknya dengan kuat akan menyakitinya. Basuh dengan kapas basah atau air mengalir seluruh area genitalnya, kemudian seka dengan handuk kering. Saat Si Kecil berusia 3 atau 4 tahun, kulit luar penis akan mengendur dan dapat ditarik untuk dibersihkan tanpa perlu dipaksa.



 

Anak-anak

Saat Si Kecil mulai besar, merawat kebersihan genitalnya juga harus menggunakan cara berbeda. Anda bisa mengajarinya untuk ikut merawat organ genitalnya sendiri. Caranya adalah dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut:

 

  • Minta Si Kecil untuk selalu mencuci tangannya.
  • Bilas bagian selangkangan dengan air mengalir setiap selesai buang air kecil dan buang air besar, lalu keringkan dengan handuk agar tidak lembap.
  • Ganti celana dalamnnya apabila basah atau terkena feses.
  • Apabila menggunakan toilet umum yang menggunakan kloset duduk, bersihkan dahulu dengan tisu basah atau semprotkan antibakteri sebelum Si Kecil menggunakannya. (Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: tips_membersihkan_kelamin_anak,   organ_genital,   organ_intim_anak,   info_bayi,   tips_bayi,   info_balita