Mother&Baby Indonesia
Yuk, Buat Bayi Anda Tertawa!

Yuk, Buat Bayi Anda Tertawa!

Suara tawa bayi selalu bisa membuat ketagihan. Kelelahan Anda setelah seharian berkutat dengan pekerjaan di rumah atau kantor lenyap begitu saja ketika mendengar tawa riangnya. Menurut Linda J. Murray dalam buku The Babycenter Essential Guide to Your Baby's First Year, bayi sebenarnya mudah dihibur. Saat ia melihat orang dewasa dengan mimik unik atau lucu, ia akan tertawa. Ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk memancing tawanya!

 

Tularkan tawa
Ciri khas bayi adalah mudah meniru. Ada 1 sel di otaknya yang spesial, yaitu mirror neurons yang membuat ia mengimitasi apa pun aksi Anda. Jika Anda tersenyum, ia akan ikut tersenyum. Jika Anda tertawa, ia juga akan tertawa. “Seperti di klub lawak, seseorang tertawa karena orang lain tertawa,” ujar Gina Mireault, PhD, psikolog dari Johnson State University, Vermont.



 

Gunakan kesukaannya
Pada awal kehidupannya, tawa bayi bisa muncul karena hal-hal yang sederhana, seperti ketika ia melihat mainan favoritnya, binatang, hingga orang favoritnya (misalnya ayah, ibu, atau kakek). Goyangkan mainan di depannya, biarkan ia menggapai mainan tersebut. Semakin sulit ia meraihnya, semakin antusias dan gembira pula dirinya.

 

Pakai 'sound effect'
Saat menggunakan mainan favoritnya untuk memancing Si Kecil tertawa, jangan lupa keluarkan suara-suara unik lewat mulut Anda. Ketika mendengar suara lucu tersebut, ia akan tertawa. Tak hanya itu, ia juga akan belajar bagaimana menggerakkan bibir dan mengeluarkan suara.



 

Lakukan gerakan unik
Untuk memancing tawa Si Kecil, lakukan gerakan unik seperti menari, memainkan jari-jari, atau menggoyangkan kepala Anda dengan mimik lucu. “Rasa humor yang ada dalam diri Si Kecil akan terpancing jika melihat sesuatu yang 'tidak biasa' atau mengejutkan. Jadi ketika ia melihat sesuatu yang unik, ia akan tertawa. Ini disebut incongruous,” ujar Doris Bergen, PhD, profesor psikologi edukasi dari Miami University, Ohio. (LNH/Sagar/DC/Dok. M&B)

 

Untuk mencari tahu trik lainnya agar Si Kecil tertawa terpingkal-pingkal, cek di majalah Mother&Baby Indonesia edisi Desember 2015!



Tags: bayi,   bayi_tertawa,   tawa_bayi,   stimulasi_bayi,   tips_membuat_bayi_tertawa