Mother&Baby Indonesia
5 Langkah Mudah Mencukur Rambut Si Newborn

5 Langkah Mudah Mencukur Rambut Si Newborn

Mencukur rambut newborn telah menjadi kebiasaan di negeri kita. Selain memiliki nilai budaya dan agama, ternyata mencukur rambut bayi juga memiliki berbagai manfaat kesehatan. Bagaimana langkah mencukur yang aman? Ikuti tips M&B berikut ini.

 

1. Basahi tangan Anda dengan air. Oleskan setetes sampo bayi pada bagian atas kepala Si Kecil hingga sedikit berbusa. Mulailah mencukur dari bagian poni ke arah belakang kepala dengan gerakan satu arah.



 

2. Selanjutnya, cukur rambut di bagian samping kiri dan kanan kepala Si Kecil. Saat melakukan langkah ini, sebisa mungkin miringkan tubuhnya. Namun, tak perlu dipaksakan bila ia lebih nyaman telentang.

 

3. Baringkan Si Kecil dalam posisi tengkurap. Basahi lagi kepalanya dengan sampo bayi yang sudah dicampur dengan air hingga sedikit berbusa. Regangkan lipatan kulit kepalanya sebelum mencukur. Kemudian, cukur rambut di bagian belakang kepalanya dengan gerakan satu arah dari atas kepala ke arah tengkuk.



 

4. Siapkan air hangat. Gendong Si Kecil dengan satu tangan, sementara tangan yang lain membilas kepalanya dengan air hangat. Beri sedikit sampo, lalu bilas hingga bersih.

 

5. Keringkan kepala Si Kecil dengan handuk bersih. Taburkan bedak bayi ke telapak tangan Anda, lalu aplikasikan ke kepala Si Kecil. (SE/Meiskhe/DC/Dok. M&B UK)



Tags: mencukur_rambut_newborn,   mencukur_rambut_bayi,   cukur_rambut,   potong_rambut,   info_bayi,   tips_bayi










Cover Mei-Juni-Juli 2020