Mother&Baby Indonesia
Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan?

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melahirkan?

Waktu persalinan semakin dekat! Jika Anda berencana melahirkan di rumah sakit, sebaiknya persiapkan isi tas Anda minimal 3 minggu sebelum due date. Hal ini dilakukan agar Anda lebih tenang menjalani persalinan. Berikut barang-barang yang harus Anda siapkan!

 

  • Baju nyaman. Jika Anda tidak ingin menggunakan baju dari rumah sakit, bawa baju yang nyaman. Siapkan sekitar 2 pasang baju longgar dan nyaman, seperti gaun tidur atau daster. Pilih pakaian lengan pendek agar tenaga medis mudah memeriksa Anda. Pastikan model pakaian juga tidak menyulitkan Anda untuk menyusui.

 



  • Jaket dan kaus kaki. Rumah sakit biasanya menggunakan AC sentral, sehingga Anda tidak bisa mengukur suhu kamar sesukanya. Karena itu, jangan lupa membawa jaket dan kaus kaki untuk melindungi tubuh Anda agar tetap nyaman, serta hangat. Anda pun dapat beristirahat dengan lebih baik.

 

  • Perlengkapan mandi dan kosmetik. Agar tetap tampil segar, bawa perlengkapan mandi dan kosmetik Anda. Jangan lupa membawa sisir dan ikat rambut, agar rambut tetap rapi. Untuk Moms yang memakai kacamata, jangan lupa membawa kacamata karena lensa kontak bukan pilihan tepat.

 



  • Celana dalam dan pembalut ekstra. Dua barang ini sangat dibutuhkan mengingat setelah persalinan, darah nifas akan langsung keluar dari vagina Anda. Kondisi itu membuat Anda harus sering mengganti celana dalam dan pembalut demi kenyamanan.

 

  • Benda yang menyamankan Anda.  Siapkan bantal, selimut, sandal, dan barang-barang yang menyamankan Anda di rumah sakit. Selain itu, Anda juga dapat membawa gadget berisi lagu-lagu favorit untuk didengarkan saat kontraksi nanti.

 

  • Baju Si Kecil. Bawalah 1 baju yang dapat dipakai Si kecil saat meninggalkan rumah sakit. Pilih baju yang modelnya simpel. Siapkan juga topi dan selimut, agar ia semakin hangat saat keluar dari rumah sakit.

 

  • Dokumen penting. Siapkan KTP, SIM, kartu asuransi, rekam medis kehamilan, dan dokumen penting lain untuk urusan administrasi rumah sakit dalam 1 map, agar Anda tidak kesulitan mencarinya jika dibutuhkan. Katakan kepada suami di bagian tas mana Anda menaruh dokumen penting tersebut, supaya ia tidak bingung saat harus mencarinya. (Lydia Natasha Hadiwinata/DC/Dok. M&B)



Tags: melahirkan,   persalinan,   tips_persalinan,   barang,   daster,   barang_yang_dibawa_saat_melahirkan










Cover Mei-Juni-Juli 2020