Mother&Baby Indonesia
Mengenal Hormon-Hormon Kehamilan

Mengenal Hormon-Hormon Kehamilan

Tahukah Anda, mengapa kehamilan membuat Anda mual dan ingin muntah tiba-tiba? Ini bukan karena ulah janin, tetapi hormon. Ketika terjadi kehamilan, tubuh bereaksi dengan membentuk perubahan dan segera memproduksi hormon.

 

Hormon sendiri adalah substansi atau zat yang dihasilkan berbagai kelenjar endokrin di dalam tubuh dan beredar di dalam darah. Setiap orang harus memiliki hormon untuk dapat bertahan hidup dan membantu sistem metabolisme tubuh. Khusus dalam kehamilan, hormon berguna untuk membantu perkembangan janin.



 

Tubuh ibu hamil biasanya membutuhkan lebih banyak hormon, seperti Human Chorionic Gonadotropin (HCG), prolaktin, kortisol, oksitosin, dan banyak lagi. Hormon-hormon tersebut berperan dalam persiapan kehamilan, pematangan sel telur agar siap dibuahi, penebalan dinding rahim sebagai tempat melekatnya hasil pembuahan (konsepsi), pertumbuhan embrio menjadi janin, hingga saat persalinan dan menyusui. Sementara itu, peningkatan kadar hormon ada yang dibarengi dengan gejala yang mengganggu, ada juga yang tidak. (VH/Aulia/DC/Dok. M&B)



 

Kenali beberapa hormon yang berperan dalam kehamilan, serta manfaatnya di Mother&Baby edisi Desember 2015!



Tags: hormon_kehamilan,   ibu_hamil,   info_kehamilan,   human_chorionic_gonadotropin,   hcg










Cover April 2020