Mother&Baby Indonesia
Respons Tepat Orangtua saat Anak Berkata Kasar

Respons Tepat Orangtua saat Anak Berkata Kasar

Segala jenis informasi yang berkembang pesat membuat orangtua sering kali sulit memberikan ‘pagar’ terhadap efek negatif yang muncul di lingkungan sekitar anak. Jadi, mulailah mengenalkan informasi pengasuhan, bagaimana berkomunikasi sesuai dengan tahapan perkembangan dan usia anak. Ajeng Raviando, psikolog rubrik Ask Ajeng di majalah M&B, berbagi tips bagaimana memberikan penjelasan kepada anak, seperti berikut.

 

1. Upayakan untuk tidak bereaksi berlebihan saat mendengar Si Kecil mengucapkan kata-kata yang tidak pantas. Cobalah untuk berpikiran lebih positif. Tanyakan dengan tenang dan nada netral mengenai apa yang anak ketahui tentang kata-kata tersebut. Berdasarkan pengalaman, reaksi berlebihan justri membuat anak-anak lebih suka memakai kata itu.

 

2. Pelajari cara komunikasi sesuai dengan tahapan perkembangan dan usia anak. Beri penjelasan dengan bahasa yang sederhana, agar ia mudah mengerti.

 

3. Jadikan komunikasi secara terbuka dalam keluarga, sehingga anak-anak nyaman untuk bertanya, mengutarakan perasaan, dan mengungkapkan masalah. (AR/Aulia/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: orangtua,   anak,   sikap_negatif_anak,   respon_orangtua,  








Cover Maret 2020