Mother&Baby Indonesia
Menciptakan Rutinitas Tidur Anak itu Penting!

Menciptakan Rutinitas Tidur Anak itu Penting!

Apakah Anda pernah merasa kesulitan mengajak Si Kecil tidur? Pada masa batita, ia memang sangat aktif bermain dan mulai menolak untuk tidur. Namun, rutinitas tidur tetap harus diterapkan, karena jika tidak mendapatkan tidur yang cukup, ia akan mudah lelah dan rewel. Untuk menerapkan rutinitas tidur yang baik, tentunya peran Anda sangat dibutuhkan. Berikut tipsnya!

 



1. Setelah usia 1 tahun, Si Kecil memang sudah mengetahui perbedaan siang dan malam. Namun, ia belum mengetahui maknanya sampai berusia 3 tahun. Bantu ia untuk membedakan waktu antara siang dan malam melalui rutinitas yang dilakukan. Siang adalah waktu beraktivitas, makan, menonton televisi, bermain, dan lain-lain. Sementara malam merupakan waktu beristirahat dan tidur.

 

2. Tidurkan Si Kecil pada jam yang sama setiap malam. Hal ini akan menciptakan kebiasaan tidur yang baik baginya.



 

3. Lakukan pula rutinitas yang sama sebelum Si Kecil tidur. Anda bisa mulai membiasakan dengan mengganti piama, menggosok gigi, mendongengkan, memberikan pelukan, dan ciuman selamat malam. Yang terpenting buat rutinitas tidur yang menyenangkan pada Si Kecil, sehingga ia tidur dengan perasaan bahagia.

 

4. Ciptakan ruangan yang cukup hangat dan tenang untuk tidur. Jangan biasakan anak tertidur di ruang tamu dengan televisi menyala atau keadaan ramai.

 

5. Pastikan lampu kamar diredupkan agar tidur Si Kecil lebih nyaman.

 

6. Pastikan kebiasan dan rutinitas yang sudah diputuskan untuk diterapkan kepada Si Kecil terus dijalankan. Anda harus konsisten agar ia tidak bingung. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: toddler,   rutinitas_tidur,   tidur,   agar_anak_tidur_nyenyak,   tips_tidur_nyenyak