Mother&Baby Indonesia
6 Trik Memberi ASI Eksklusif untuk Ibu Bekerja

6 Trik Memberi ASI Eksklusif untuk Ibu Bekerja

Memiliki bayi memang tidak mudah, apalagi jika Anda sudah harus kembali bekerja. Anda pun dituntut untuk pintar membagi waktu supaya kebutuhannya tetap terpenuhi, termasuk pemberian ASI. Bagaimana caranya? Yuk, terapkan disiplin memberikan ASI berikut:

 



1. Bangun lebih pagi supaya dapat menyusui bayi 2 kali dan memompa 1 kali sebelum berangkat ke kantor. Pertama susui Si Bayi, 30 menit setelah itu, Anda bisa memompa ASI. Setelah 1 jam, kembalilah menyusui. Perlu diketahui bahwa ASI paling banyak dihasilkan pada pagi hari.

 

2. Selama di kantor, usahakan untuk tidak meninggalkan jadwal memerah atau memompa ASI. Sesibuk apapun Anda, luangkan waktu paling tidak selama 10-15 menit untuk melakukannya.



 

3. Ciptakan suasana yang gembira saat akan berpisah dan bertemu kembali dengan bayi Anda.

 

4. Minta kepada pengasuh bayi Anda untuk tidak memberikan ASIP, jika Anda sudah berada dekat dengan rumah. Ini penting, agar saat Anda sampai di rumah, bayi dalam keadaan semangat untuk menyusu.

 

5. Susui bayi Anda sekembalinya dari kantor. Teruslah menyusui pada malam hari, di akhir pekan, dan setiap saat Anda sedang bersamanya.

 

6. Selain memompa, Anda juga bisa memerah payudara menggunakan tangan. Belajarlah terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan atau konselor laktasi agar Anda mengetahui cara memerah yang baik. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: asi_club,   menyusui_ketika_bekerja,   disiplin_asi,   asi,   tips_menyusui,   ibu_bekerja,   asi_eksklusif