Mother&Baby Indonesia
Pentingnya Meluangkan Waktu Bersama Pasangan

Pentingnya Meluangkan Waktu Bersama Pasangan

Di tengah jadwal pekerjaan yang padat, urusan anak yang tidak pernah berhenti, waktu berkualitas bersama suami pun semakin berkurang. Anda bahkan mungkin lupa, kapan terakhir menghabiskan waktu berdua dengan pasangan. Meski anak adalah prioritas utama dalam kehidupan Anda, menjaga hubungan suami-istri merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Bagaimana caranya meluangkan waktu bersama pasangan? Lakukan beberapa tips berikut!

 



Buat Jadwal
Aturlah waktu berdua bersama suami. Pastikan tidak ada pekerjaan yang penting dilakukan saat itu. Buat kesepakatan mengenai waktu dan tempat. Sebaiknya, pilih tempat yang mudah dijangkau supaya lebih tenang jika ada keperluan mendadak untuk kembali ke rumah. Jadwal menjadi penting, karena Anda dan suami cenderung menyepelekan hal yang tidak terencana.

 

Minta Bantuan Orang Terpercaya
Tidak dapat dimungkiri, Anda akan merasa cemas ketika meninggalkan anak untuk sementara waktu. Oleh karena itu, minta bantuan orang lain yang dapat dipercaya untuk menjaga anak-anak. Jangan lupa cek semua kebutuhan anak,  pastikan sudah tersedia di rumah. Makanan, camilan, diapers, baju ganti harus sudah disiapkan terlebih dahulu dan letakkan di tempat yang mudah dijangkau. Hal ini penting agar pengasuh pengganti tidak perlu menelepon Anda berulang kali untuk menanyakan perlengkapan anak. Selain itu, sebelum pergi, Anda perlu memberitahukan aturan yang berlaku di rumah.



 

Berpamitan pada Anak
Berpamitan sering menjadi kendala ketika harus meninggalkan anak. Biasanya Moms cenderung berbohong dengan mengatakan tidak akan pergi, jika melihat anak menangis karena tidak ingin ditinggalkan. Hentikan kebiasaan ini! Jangan biasakan anak melihat kebohongan. Katakan dengan yakin kepada Si Kecil, berapa lama Anda pergi. Misalnya, “Mama akan berangkat pukul 10. Nanti pukul 13.00, Mama sudah pulang.” Usahakan pula untuk menepati janji tersebut. 

 

Seimbangkan Topik Pembicaraan
Hal yang sering menjadi topik pembicaraan antara Anda dan suami adalah rumah tangga dan anak. Sesekali, fokuskan pikiran Anda pada apa yang sedang dilakukan. Nikmatilah waktu berdua Anda dengan sepenuh hati. Singkirkan kekhawatiran mengenai anak-anak yang mungkin rewel di rumah.

 

Tidak Harus Keluar Rumah
Menikmati waktu berdua tidak berarti harus keluar rumah. Anda bisa membiasakan untuk berbincang-bincang sebelum tidur. Saling menceritakan beban pikiran dan masalah yang mengganggu Anda berdua, bisa meringankan ketegangan yang dirasakan. Anda juga akan mendapatkan solusi yang baik dari perbincangan yang dilakukan. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: career_mum,   waktu_bersama_suami,   suami_istri,   quality_time,   family_time