Mother&Baby Indonesia
Kebiasaan Sederhana untuk Memperbaiki Lingkungan

Kebiasaan Sederhana untuk Memperbaiki Lingkungan

Belakangan ini, banyak dampak kerusakan alam yang kita rasakan. Namun yang menyedihkan, 'ancaman' yang dialami bumi ini kebanyakan justru dibuat sendiri oleh manusia, seperti emisi karbon dan lautan asam, kebakaran hutan, polusi, kepunahan hewan karena perdagangan, dan lainnya.

 

Sebagai makhluk hidup yang tinggal di bumi, sudah semestinya kita menjaga dan merawat 'tempat tinggal' kita. Ada beberapa hal sederhana yang dapat membuat perubahan kecil bagi bumi. Jika hal tersebut dilakukan terus-menerus, bukan tidak mungkin akan berdampak besar bagi dunia nantinya. Berikut hal sederhana yang bisa Anda lakukan.



 

1. Kurangi konsumsi air minum kemasan
Biasakan untuk membawa botol minum sendiri saat berpergian ke luar rumah. Dengan mengurangi penggunaan botol plastik, kita dapat berkontribusi pada lingkungan lebih baik dan sumber daya alam yang berkelanjutan.

 

2. Matikan keran air saat tak terpakai
Untuk daerah terpencil Indonesia, air bersih adalah barang langka. Sebagai masyarakat kota, salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghemat air adalah disiplin menutup keran selama menyikat gigi atau saat tak terpakai. Lebih baik menggunakan cangkir atau gelas daripada membiarkan air mengalir. 



 

3. Pengolahan limbah
Dari waktu ke waktu, limbah selalu menjadi masalah di Indonesia, terutama di kota-kota padat penduduk seperti Jakarta. Volume sampah di Indonesia adalah sekitar 1 juta meter kubik per hari, tetapi hanya 42 persen di antaranya yang dapat diangkut dan diproses dengan benar.

 

Salah satu inisiatif yang bisa kita lakukan adalah mengelola sampah organik rumah tangga menjadi pupuk. Kompos dan pupuk kandang merupakan pupuk alami yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan tanah. (Aulia/DC/Dok. Freedigitalphotos)



Tags: lingkungan,   bumi,   kerusakan_lingkungan,  










Cover April 2020