Mother&Baby Indonesia
Cegah Masalah Gigi dengan Sikat Gigi yang Tepat

Cegah Masalah Gigi dengan Sikat Gigi yang Tepat

Menggosok gigi sebanyak 2 kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur, merupakan langkah yang baik untuk merawat gigi agar tetap sehat. Namun tidak hanya itu, pemilihan sikat gigi yang tepat ternyata juga memengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Penelitian yang dilakukan Departement of Operative Dentistry and Endodontics, Heinrich Heine University (2011), memperlihatkan bahwa menyikat gigi dengan bulu sikat yang keras dapat memicu terjadinya trauma jaringan lunak pada gigi dan mulut.

 

 



“Penggunaan sikat gigi yang kurang tepat, selain dapat membuat kebersihan mulut kurang optimal akibat plak yang masih menempel, juga dapat menimbulkan masalah lain, seperti cedera gusi yang dapat menyebabkan abrasi dan resesi gusi yang membuat gigi lebih sensitif. Untuk itu, penting bagi Anda untuk cermat dalam memilih sikat gigi,” ungkap drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc, Head of Professional Relationship Oral Care, PT Unilever Indonesia, Tbk. Berikut tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih sikat gigi yang tepat.

 

Ukuran kepala sikat gigi

 

Pilih kepala sikat gigi yang sesuai dengan rongga mulut. Hal ini bertujuan untuk memudahkan sikat menjangkau seluruh permukaan rongga mulut.



 

Bulu sikat gigi

Pilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat halus atau sedang. Bulu sikat yang terlalu kasar atau keras dapat merusak gusi, akar gigi, dan lapisan terluar gigi. Sikatlah gigi dengan tekanan sedang.

 

Ganggang sikat gigi

Sikat gigi dengan ganggang sikat 3 sudut agar bisa menjangkau bagian belakang gigi. (Deonisia/DC/Dok. M&B)



Tags: kesehatan_gigi,   pemilihan_sikat_gigi,   gigi_dan_mulut,   perawatan_gigi_anak,   merawat_gigi_anak








Cover Maret 2020