Mother&Baby Indonesia
Hindari Kontak dengan Tray Table dalam Pesawat

Hindari Kontak dengan Tray Table dalam Pesawat

Bagi Anda yang akan berlibur menggunakan pesawat bersama keluarga, Anda perlu berhati-hati dengan tray table atau meja kecil untuk menaruh makanan. Studi terbaru mengungkapkan, tray table adalah permukaan terkotor dari seluruh lokasi dan permukaan benda lainnya yang sudah diuji di laboratorium!

 

Dilansir melalui Daily Mail, studi yang dikeluarkan oleh Travel Math tersebut menyarankan agar para penumpang pesawat mengurangi kontak langsung antara makanan dengan tray table, untuk mengurangi risiko perpindahan bakteri ke dalam mulut. “Sebaiknya, Anda juga menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh tray table atau sebelum makan selama perjalanan,” ujar para peneliti.



 

Studi ini dilakukan setelah munculnya informasi bahwa tas yang dibawa seseorang saat bepergian jauh sudah dihinggapi 80 juta bakteri, bahkan sebelum memasuki kamar hotel. Padahal, jumlah rata-rata yang memegang tas hanya sekitar 8 orang dengan masing-masing membawa 10 juta bakteri di tangan mereka.

 



Setelah melakukan penelitian terhadap 4 penerbangan dan 5 bandara, diketahui bahwa tempat terkotor di pesawat adalah tray table, ventilasi udara, tombol flush pada toilet, dan pengait seat belt. Sedangkan, posisi tempat terkotor di bandara dipegang oleh keran air minum dan kunci toilet.

 

Para peneliti pun menganggap hasil penelitian ini tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat, melainkan untuk petugas kebersihan bandara udara dan penyedia jasa transportasi udara. Sering kali maskapai udara tidak punya cukup waktu membersihkan isi pesawat, karena harus terus mengudara untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. (Sagar/DC/Dok. SuperTrooper/Freedigitalphotos)



Tags: pesawat,   kesehatan,   bakteri,   bandara_udara,   liburan,   berlibur