Mother&Baby Indonesia
6 Langkah Merawat Jantung Sehat

6 Langkah Merawat Jantung Sehat

Melihat jumlah penderita penyakit jantung kian meningkat, dibutuhkan kesadaran dalam diri akan pentingnya menjaga kesehatan jantung. Berikut beberapa hal yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung Anda!

 

1. Hindari Rokok



Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang perlu ditinggalkan. Merokok memberikan sensasi stres yang dapat meningkatkan perkembangan lemak di dalam pembuluh darah jantung Anda.

 

2. Pola Makan Sehat
Prinsip pola makan sehat untuk jantung adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dan antioksidan dalam buah, serta sayuran. Sumber protein terbaik bagi jantung juga bisa didapat dari ikan. Selain itu, hindari gorengan atau lemak januh, serta kurangi garam.

 

3. Tetap Aktif
Olahraga dapat menjaga berat badan Anda tetap ideal, sehingga menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Pilihlah olahraga yang Anda sukai, bisa dimulai dengan bermain bulu tangkis atau berjalan cepat di sekitar rumah.



 

4. Batasi Alkohol
Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan penyakit jantung. Alkohol yang berlebihan juga meningkatkan risiko penyakit hati.

 

5. Hindari stres
Stres berhubungan dengan sistem imun, sehingga rentan terkena banyak penyakit. Jika Anda sedang di bawah tekanan, carilah pertolongan dan bicaralah dengan orang terdekat. Lakukan kegiatan yang Anda sukai untuk mengatasi stres Anda.

 

6. Periksa ke Dokter
Dengan melakukan pemeriksaan dini, Anda dapat mencegah berbagai penyakit. Jadi sebaiknya jangan menunda datang ke dokter, sehingga gejala yang dirasakan sudah semakin parah. (Aulia/DC/Dok. Freedigitalphotos)
 



Tags: penyakit_jantung,   tips,   jantung_sehat,   jantung,   serangan_jantung








Cover Januari - Februari 2020