Mother&Baby Indonesia
Tips untuk Suami: Berhubungan Intim Pasca Istri Melahirkan

Tips untuk Suami: Berhubungan Intim Pasca Istri Melahirkan

Pasca-melahirkan, istri Anda masih dalam proses pemulihan dari guncangan yang terjadi pada sistem tubuhnya. Guncangan ini tak hanya berasal dari tubuh, tetapi juga dampak dari 9 bulan ia mengandung. Menurut Heidi Murkoff dalam bukunya, What to Expect when You're Expecting, hubungan intim boleh dilakukan setidaknya 40 hari setelah istri melahirkan atau setelah masa nifas berakhir. Namun, Anda harus mendiskusikan dengan istri perihal kapan ia mau mulai berhubungan intim lagi.

 

Setelah ia setuju untuk kembali melakukan aktivitas seksual, Anda juga harus berhati-hati, Dads! Lakukan dengan perlahan dan lembut. Tanyakan kepadanya apa yang terasa nikmat, apa yang terasa sakit, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengatasi rasa sakitnya tersebut. Sebaiknya, Anda juga melakukan 'pemanasan' terlebih dahulu sebelum melakukan hubungan intim.



 



Agar lebih nyaman, berikan pijatan kepada istri di bagian-bagian tertentu, seperti lengan, pundak, dan betis. Kemudian, oleskan pelumas untuk merangsang produksi pelumas alaminya. Heidi mengatakan bahwa perubahan hormon dapat membuat pelumas alami istri Anda berkurang dan menjadi sangat kering. Intinya, jangan terburu-buru dan berikan cukup waktu untuk istri memulihkan tubuhnya ya, Dads! (Lydia Natasha/DC/Dok. M&B UK)



Tags: pasca_melahirkan,   melahirkan,   persalinan,   pasca_persalinan,   tips,   hubungan_intim,   relationship










Cover Mei-Juni-Juli 2020